Bagus Maulana Afip, Muhamad (2015) ANALISIS SEMIOTIK KUMPULAN PUISIKONDE PENYAIR HANKARYA HANNA FRANSISCADAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANBERBICARADI KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Analisis Semiotik Kumpulan Puisi Konde Penyair Han karya Hanna Fransisca dan Rencana Pelaksanaan .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (55MB) |
Abstract
ABSTRAK Analisis Semiotik Kumpulan PuisiKonde Penyair HanKaryaHanna Fransiscadan Rencana Pelaksanaan PembelajaranBerbicaradi KelasXSMA OlehMUHAMAD BAGUS MAULANA AFIP 2222092463Makna puisi seperti harta karun yang terpendam di luas samudera diksi penyair, menggalinya membutuhkan proses yang tidak singkat. Banyak nilai-nilaiyang dapat dijadikan pembelajaran bagi semua orang terlebih terhadap peserta didik.Dengan puisi, peserta didikdapat mengenal keindahan dan kepekaan dalam dirinyasehingga ia dapat menjadi manusia yang bijak dan berbudi, menghormati danmenghargai manusia dan alam sekitarnya. fokus penelitian ini adalah:1)analisissemiotik kumpulan puisiKonde Penyair Hankarya Hanna Fransisca tahun 2010 yangdilakukan dengan menggunakan kerangka teori semiotik Pierce.2)membuat usulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbicara di kelas XSMA yang disusun dengan mengutamakan hasil analisis dan tema penelitian.Penelitian ini bertujuan untuk1)pendeskripsian analisis semiotik padaKumpulanPuisi Konde Penyair Hankarya Hanna Fransisca tahun 2010 dengan menggunakankerangka teori semiotik Pierce 2) membuat usulan Rencana PelaksanaanPembelajaran (RPP) berbicara di kelas X SMA dengan memanfaatkan hasil analisisdan tema penelitian. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitaifdeskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah puisi Amoi,Perempuan Tanpa Bulu, Singkawang 1, Singkawang 2, Lilin Negeri 1, Taiwandikolam Mataku, Tirai Hujan, danbening sungaikuyang terdapat dalmkumpulanpuisi Konde Penyair HankaryaHanna Fransisca tahun 2010.Dalam pengumpulandata, peneliti menggunakan teknik studi pustaka dan catat. Proses analisisdata yangdilakukan peneliti adalah sebagai berikut 1) membaca sumber data penelitian, 2)mengidentifikasi data, 3) menginventaris data, 4) mengklasifikasi data, 5) validasidata, 6) menganalisis data, dan yang terakhir adalah 7) menyimpulkan hasil analisis.Hasil analisisdalam penelitian ini, peneliti memperoleh data 7 ikon, 10 indeks, dan11 simbol. Makna yang terkandung dalam sumber puisi berisi nilai-nilai konstrukif(sosial dan budaya)baikuntuk perkembangan jiwapeserta didik.Selanjutnya hasilanalisi tersebutdimanfaatkan untuk dibuat usulan Rencana Pelaksanaan PembelajaranBerbicara di kelas X SMA dengan standar kompetensi (SK) 14.Mengungkapkanpendapat terhadap puisi melalui diskusi dan kompetensi dasar (KD) 14.1.membahasisi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasimelalui diskusi, 14.2.Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya,dan masyarakat melalui diskusi. Katakunci : Semiotik,Puisi, Rencana Pelaksanaan PembelajaranBerbicaradikelas X SMA.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Semiotik,Puisi, Rencana Pelaksanaan PembelajaranBerbicaradikelas X SMA. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 04:51 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:51 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3006 |
Actions (login required)
View Item |