Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MANAJEMEN BADAN USAHA MIILIK DESA DI DESA BANGKUYUNG KECAMATAN MENES KABUPATEN PANDEGLANG

HIDAYAT, RIZKY (2023) MANAJEMEN BADAN USAHA MIILIK DESA DI DESA BANGKUYUNG KECAMATAN MENES KABUPATEN PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
SKRIPSI RIZKY HIDAYAT 6661160083 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL RIZKY HIDAYAT 6661160083.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI RIZKY HIDAYAT 6661160083.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
RIZKY HIDAYAT 6661160083 BAB1 + DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI RIZKY HIDAYAT 6661160083.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI RIZKY HIDAYAT 6661160083.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI RIZKY HIDAYAT 6661160083.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI RIZKY HIDAYAT 6661160083.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI RIZKY HIDAYAT 6661160083.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI RIZKY HIDAYAT 6661160083.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK RIZKY HIDAYAT NIM 6661160083 MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA BANGKUYUNG KECAMATAN CIKEDAL KABUPATEN PANDEGLANG. BUMDesa adalah salah satu program yang dimiliki oleh pemerintah yang mewujudkan pembangunan desa dengan memberdayakan ekonomi masyarakat perdesaan yang maju. BUMDesa Bangkuyung dalam melaksanakan kegiatan tersebut sudah berjalan dan menjadi salah satu contoh untuk Desa lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Manajemen Badan Usaha Milik Desa di Desa Bangkuyung Kecamatan Cikedal Kabupaten Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi pustaka, pengujian data dengan melakukan triangulasi dan member check. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah George R. Terry (George R. Terry, 2006:38) yang terdiri dari indikator-indikator perencanaan (Planing), Pengorganisasian (Organizing), Pengkoordinasikan (Coordinating), dan Pengendalian (Controling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen BUMDesa Bangkuyung adalah melalui proses indikator-indikator sebagai berikut: 1) perencanaan manajemen pengelolaan BUMDesa Bangkuyung sudah disusun dengan baik dan direncanakan sesuai dengan harapan atau pencapaian. 2) organisasi yang dilakukan untuk proses manajemen pengelolaan BUMDesa Bangkuyung sudah dilakukan dan dibagi sesuai dengan tugas dan pekerjaannya. 3) proses pelaksanaan manajemen yang dilakukan BUMDesa Bangkuyung dapat dilaksanakan dan diimplementasikan menjadi unit-unit usaha yang dapat memberikan kontirbusi terhadap pendapatan desa dan dijadikan dana pengelolaan serta pembiayaan pembangunan desa. 4) proses pengawasan atau controling dlakukan antara lain oleh anggota BUMDesa Bangkuyung, Kepala Desa, serta masyarakat. 5) Kendala yang mempengaruhi BUMDesa Bangkuyung adalah keterbatasan modal, dan kurangnya kreatifitas SDM untuk pembangunan BUMDesa Bangkuyung. Kata Kunci :Manajemen, BUMDesa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
AuthorWASEH, HASURI196202032000121001
AuthorPRAFITRI, NIKKI201808032152
Additional Information: ABSTRAK RIZKY HIDAYAT NIM 6661160083 MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA BANGKUYUNG KECAMATAN CIKEDAL KABUPATEN PANDEGLANG. BUMDesa adalah salah satu program yang dimiliki oleh pemerintah yang mewujudkan pembangunan desa dengan memberdayakan ekonomi masyarakat perdesaan yang maju. BUMDesa Bangkuyung dalam melaksanakan kegiatan tersebut sudah berjalan dan menjadi salah satu contoh untuk Desa lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Manajemen Badan Usaha Milik Desa di Desa Bangkuyung Kecamatan Cikedal Kabupaten Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi pustaka, pengujian data dengan melakukan triangulasi dan member check. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah George R. Terry (George R. Terry, 2006:38) yang terdiri dari indikator-indikator perencanaan (Planing), Pengorganisasian (Organizing), Pengkoordinasikan (Coordinating), dan Pengendalian (Controling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen BUMDesa Bangkuyung adalah melalui proses indikator-indikator sebagai berikut: 1) perencanaan manajemen pengelolaan BUMDesa Bangkuyung sudah disusun dengan baik dan direncanakan sesuai dengan harapan atau pencapaian. 2) organisasi yang dilakukan untuk proses manajemen pengelolaan BUMDesa Bangkuyung sudah dilakukan dan dibagi sesuai dengan tugas dan pekerjaannya. 3) proses pelaksanaan manajemen yang dilakukan BUMDesa Bangkuyung dapat dilaksanakan dan diimplementasikan menjadi unit-unit usaha yang dapat memberikan kontirbusi terhadap pendapatan desa dan dijadikan dana pengelolaan serta pembiayaan pembangunan desa. 4) proses pengawasan atau controling dlakukan antara lain oleh anggota BUMDesa Bangkuyung, Kepala Desa, serta masyarakat. 5) Kendala yang mempengaruhi BUMDesa Bangkuyung adalah keterbatasan modal, dan kurangnya kreatifitas SDM untuk pembangunan BUMDesa Bangkuyung. Kata Kunci :Manajemen, BUMDesa.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Manajemen, BUMDesa.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Rizky Rizky Hidayat Rizky Hidayat
Date Deposited: 27 Sep 2023 10:01
Last Modified: 27 Sep 2023 10:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/30023

Actions (login required)

View Item View Item