Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA

MAHRIFAT, MAHRIFAT (2015) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RENCAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA MAHRIFAT 2222102535 Penelitian ini merupakan psikologi tokoh utama dalam novel yang berjudul Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye dan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA.Penelitian ini dilatar berlakangi oleh pentingnya pengajaan sastra di SMA pada dasarnya bertujuan agar siswa memiliki rasa peka terhadap karya sastra yang berharga sehingga mereka terdorong dan tertarik untuk membacanya. Salah satu upaya meningkatkan pengajaran sastra di sekolah dapat dilakukan dengan cara menyajikan secara langsung kepada siswa. Novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye akan dianalisis melalui pendekatan psikologis dan menerapkan pada rencana pelaksanaan di SMA. Pertanyaan peneltian ini adalah: 1) Bagaimana aspek psikologis (Id, Ego, Superego) tokoh utama dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye? 2) Bagaimana RencanaPelaksanaan Pembelajaran novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye di SMA ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengungkapkan aspek psikologi tokoh utama dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye 2) Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sastra di SMA dengan bahan novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Metode dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitaif, yaitu data diuraikan dalam bentuk kata-kata.Adapun teknik yang digunakan adalah studi pustaka dan analisis isi.Sementara data yang digunakan dalam novel ini berupa kutipan.Dan sumber data yang berupa novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Metode deskriptif kualitatif penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan psikoanalisis dengan menggunakan ide-ide psikonalisisnya dengan menggunakan pendekatan psikoanalisis Freud yang membagi pendekatannya dalam tiga bagian: 1) Id, 2) Ego, 3) Superego.Setelah melakukan penelitian penulis memperoleh simpulan bahwa dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere terdapat gagasan psikoanalisis yang tampak dalam pergolakan jiwa Karang dan Kinasih dalam kisah cintanya.Dari novel Moga Bunda Disayang Allah dapat kita pelajari semangat, perjuangan, dan kerja keras dalam meraih kebahgian.Novel Moga Bunda Disayang Allah dapat disusun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA. Kata Kunci: Kajian Psikologi Sastra, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuhyidin, Asep197604072001121001
Thesis advisorHadiansyah, Firman198009022006041004
Uncontrolled Keywords: Kajian Psikologi Sastra, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:53
Last Modified: 25 Oct 2021 04:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item View Item