Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (Studi Kualitatif di SMP N 3 Cikupa pada Materi Segitiga dan Segiempat)

ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2015) ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (Studi Kualitatif di SMP N 3 Cikupa pada Materi Segitiga dan Segiempat). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Rigorous Mathematica~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Istiqomah, (2015). “Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis melalui Penerapan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT)”. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, April 2015. Kemampuan pemahaman konseptual matematis (KPKM) adalah kemampuan matematis paling dasar dan harus dimiliki oleh setiap siswa guna menunjang kemampuan tingkat tinggi lainnya. Rigorous Mathematichal Thinking (RMT) adalah salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan KPKM siswa karena salah satu fase pembelajarannya adalah praktek konstruksi konseptual kognitif, dimana siswa dibiasakan untuk membangun konsep secara mandiri melalui proses mediasi. Selain memperhatikan pendekatan pembelajaran, ada beberapa keberagaman siswa yang harus diperhatikan oleh guru, diantaranya adalah kemampuan awal matematis (KAM) dan gaya belajar matematis (GBM). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan peningkatan KPKM siswa dilihat dari KAM dan GBM siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan phenomenography dan subjek penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VII-1 SMP Negeri 3 Cikupa. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan KPKM dilihat dari KAM dan GBM. Peningkatan KPKM subjek kelompok atas masuk dalam kategori tinggi, subjek kelompok tengah masuk dalam kategori sedang dan subjek kelompok bawah masuk dalam kategori rendah. Jika dilihat dari GBM, peningkatan subjek GBM Mastery Learning (ML) dan GBM Understanding Learning (UL) masuk dalam kategori tinggi, sedangkan GBM Interpersonal Learning (IL) masuk dalam kategori sedang. Kata Kunci: Konseptual Matematis, RMT, KAM, GBM

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendrayana, Aan197503232003121001
Thesis advisorSudiana, Ria198101302008121001
Uncontrolled Keywords: Konseptual Matematis, RMT, KAM, GBM
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:00
Last Modified: 25 Oct 2021 05:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2957

Actions (login required)

View Item View Item