Indriastuti, Indriastuti (2015) ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) (Suatu Penelitian Kualitatif Fenomenografi di Kelas VII D SMPN 1 Cilegon Tahun Ajaran 2014/2015). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN RIGORO~2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Indriastuti, “Analisis Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Disposisi Matematik Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT)” Skripsi. Serang. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2015. Latar belakang dari penelitian ini adalahnya rendahnya hasil belajar matematika dan sikap belajar matematika siswa kelas VII D SMPN 1 Cilegon pada materi garis dan sudut. Selama pembelajaran guru menerapkan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematik dan disposisi matematik siswa dengan menerapkan pendekatan RMT ditinjau dari keseluruhan siswa, KAM, dan GBM siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenografi, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D semester 1 tahun ajaran 2014/2015 SMPN 1 Cilegon. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes bentuk soal uraian sebanyak 10 soal dan non tes berupa angket untuk mengukur tingkat disposisi matematik siswa. Peningkatan tes dan non tes ini dengan melihat rata-rata dari hasil. Pada hasil analisis data pretes dan postes, diperoleh bahwa hasil data pretes mengalami peningkatan pada hasil data postes siswa, sedangkan untuk hasil disposisi matematik peningkatannya tidak terlihat, baik ditinjau dari keseluruhan siswa, KAM, dan GBM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan RMT ini memberikan peningkatan bagi kemampuan komunikasi matematik dan disposisi matematik siswa khususnya siswa yang tergolong dalam KAM tinggi dan sedang. Untuk GBM peningkatan signifikan ada pada siswa yang memiliki GBM Understanding Learning (UL), sedangkan untuk disposisi matematik meningkat pada siswa dengan KAM rendah dan siswa dengan GBM UL. Kata kunci : Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Kemampuan Komunikasi Matematik, Disposisi Matematika, Kemampuan Awal Matematik (KAM), Gaya Belajar Matematik (GBM).
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Kemampuan Komunikasi Matematik, Disposisi Matematika, Kemampuan Awal Matematik (KAM), Gaya Belajar Matematik (GBM). | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 05:00 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 05:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2955 |
Actions (login required)
View Item |