Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Penerapan Program UMKM ZMart BAZNAS Provinsi Banten Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga (Study Deskriptif Kota Cilegon)

AMAYA, AMAYA (2023) Penerapan Program UMKM ZMart BAZNAS Provinsi Banten Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga (Study Deskriptif Kota Cilegon). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Skripsi)
Amaya_2221190024_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Amaya_2221190024_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text
Amaya_2221190024_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
Amaya_2221190024_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
Amaya_2221190024_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
Amaya_2221190024_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
Amaya_2221190024_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
Amaya_2221190024_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ZMart BAZNAS Provinsi Banten dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Kota Cilegon. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang menggunakan teknik deskriptif. Metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Koordinator program, pendamping program, dan penerima atau pengelola program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ZMart BAZNAS Provinsi Banten menjadi informan kajian. Hasilnya menunjukkan bahwa program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ZMart BAZNAS Provinsi Banten diterapkan di Kota Cilegon. Dalam pelaksanaannya, program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ZMart BAZNAS Provinsi Banten ini menggunakan metode pendampingan yang tujuannya untuk membantu penerima atau pengelola program dalam melaksanakan, mengembangkan, dan mengelola program melalui proses pendampingan yang dilakukan hanya selama satu tahun di awal sejak calon sasaran program ditetapkan sebagai penerima atau pengelola program. Adapun kriteria atau ketentuan calon sasaran program adalah seorang mustahik yang termasuk dalam kategori asnaf miskin. Pada penelitian ini, penerima atau pengelola program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ZMart BAZNAS Provinsi Banten ini adalah seorang ibu rumah tangga yang berstatus janda dan keadaan perekonomiannya sulit dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya bahkan kesulitan modal dalam mengembangkan usahanya. Hasil dari pelaksanaan program ini antara lain peningkatan pendapatan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menabung, dan membayar ZIS (zakat, infaq, dan shadaqah).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFaturohman, Nandang195807211986101001
Thesis advisorSiregar, Herlina0422058801
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ZMart BAZNAS Provinsi Banten dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Kota Cilegon. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang menggunakan teknik deskriptif. Metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Koordinator program, pendamping program, dan penerima atau pengelola program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ZMart BAZNAS Provinsi Banten menjadi informan kajian. Hasilnya menunjukkan bahwa program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ZMart BAZNAS Provinsi Banten diterapkan di Kota Cilegon. Dalam pelaksanaannya, program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ZMart BAZNAS Provinsi Banten ini menggunakan metode pendampingan yang tujuannya untuk membantu penerima atau pengelola program dalam melaksanakan, mengembangkan, dan mengelola program melalui proses pendampingan yang dilakukan hanya selama satu tahun di awal sejak calon sasaran program ditetapkan sebagai penerima atau pengelola program. Adapun kriteria atau ketentuan calon sasaran program adalah seorang mustahik yang termasuk dalam kategori asnaf miskin. Pada penelitian ini, penerima atau pengelola program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ZMart BAZNAS Provinsi Banten ini adalah seorang ibu rumah tangga yang berstatus janda dan keadaan perekonomiannya sulit dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya bahkan kesulitan modal dalam mengembangkan usahanya. Hasil dari pelaksanaan program ini antara lain peningkatan pendapatan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menabung, dan membayar ZIS (zakat, infaq, dan shadaqah).
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penerapan, Program, UMKM, ZMart, Peningkatan, Pendapatan. Keywords: Application, Program, MSME, ZMart, Increase, Income.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Ms Amaya Amaya
Date Deposited: 30 Oct 2023 16:05
Last Modified: 30 Oct 2023 16:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/29157

Actions (login required)

View Item View Item