Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PEMASARAN BOLU PISANG IBU ONIH (Studi Kasus Pada IKM “Bolu Pisang Ibu Onih” Kecamatan Serang, Kota Serang)

PUTRI, AWANDA (2017) STRATEGI PEMASARAN BOLU PISANG IBU ONIH (Studi Kasus Pada IKM “Bolu Pisang Ibu Onih” Kecamatan Serang, Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
STRATEGI PEMASARAN BOLU PISANG IBU ONIH (Studi Kasus Pada IKM “Bolu Pisang Ibu Onih” Kecamatan Serang, Kota Serang).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This research aims to analyze internal factors adn external factors that are strenghts, weakness, opportunities, threats on IKM Bolu Pisang Ibu Onih, to analyze alternative marketing strategy that can be used by IKM Bolu Pisang Onih. This research was conducted on IKM Bolu Pisang Ibu Onih. The respondents were chosen intentionally, were Mr. Ace as the manager of IKM Bolu Pisang Onih. The data analysis using the external factor evaluation matrix (EFE), the internal factor evaluation matrix (IFE ), IE (Internal External) matrix, and SWOT matrix. The result of this research show that the main strenght for IKM Bolu Pisang Ibu Onih is own capital with a score of 0.4. The weakness for IKM Bolu Pisng Ibu Onih is the lack of promotion on IKM Bolu Pisang Ibu Onih products with a score of 0.178. The biggest opportunity for IKM Bolu Pisang Ibu Onih is good relationship with supplier with score 0,536. And the threat for IKM Bolu Pisang Ibu Onih is a raw material price increase with a score of 0.294. This research shows that the position of IKM is in the second quadrant is Growth and Build (Grow and Bina). Suitable strategies are market concentration, market development, and product development. Alternative strategy for development IKM Bolu Pisang Ibu Onih are strategy S-O is maintance products quality, maintance caracters and name of brand product. Strategy S-T is keep stability of selling price. Strategy W-O product promotion with internet and display to increase selling. Strategy W-T is setting finance alocation.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherna, SuhernaUNSPECIFIED
Thesis advisorMirajiani, MirajianiUNSPECIFIED
Additional Information: Industri kecil terdiri dari beberapa jenis, salah satunya yaitu industri makanan jadi. Industri makanan jadi memiliki peranan penting dalam pemenuhan dan penganekaragaman pangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor intenal dan faktor eksternal yakni kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terdapat pada IKM Bolu Pisang Ibu Onih, menganalisis alternatif strategi pemasaran yang dapat dijalankan pada IKM Bolu Pisang Ibu Onih. Lokasi penelitian dilakukan pada IKM Bolu Pisang Ibu Onih, penentuan responden dalam penelitian ini dipilih secara sengaja, responden yang digunakan yaitu bapak Ace selaku manajer IKM Bolu Pisang Ibu Onih,analisis data menggunakan matriks eksternal faktor evaluation (EFE), matriks internal faktor evaluation (IFE), matriks IE (Internal Eksternal), dan matriks SWOT. Hasil penelitian dapat diketahui kekuatan utama bagi IKM Bolu Pisang Ibu Onih adalah modal milik sendiri dengan skor 0,4. Kelemahan bagi IKM Bolu Pisng Ibu Onih adalah kurangnya peningkatan produksi dan kegiatan promosi pada produk IKM Bolu Pisang Ibu Onih dengan skor 0,178. Peluang terbesar bagi IKM Bolu Pisang Ibu Onih adalah hubungan baik dengan pemasok dengan skor 0,536. Dan ancaman bagi IKM Bolu Pisang Ibu Onih adalah kenaikan harga bahan baku dengan skor 0,294. Menunjukkan bahwa posisi IKM berada pada kuadran II yaitu Growth and Build (Tumbuh dan Bina). Strategi yang cocok ialah penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Alternatif strategi yang dapat diberikan untuk pengembangan IKM Bolu Pisang Ibu Onih adalah sebagai berikut: Strategi S-O yaitu mempertahankan kualitas produk, mempertahankan ciri dan nama merk produk. Strategi S-T yaitu menjaga harga jual tetap stabil, mengembangkan inovasi dengan tetap mengutamakan iv kualitas. Strategi W-O yaitu melakukan promosi produk dengan memanfaatkan internet dan pameran untuk meningkatkan penjualan, menggunakan peralatan yang modern untuk mempercepat waktu produksi. Strategi W-T yaitu melakukan pengaturan dalam pengalokasian keuangan, Mempertahankan kelangsungan usaha bolu pisang ibu onih Berdasarkan penelitian ini maka penulis memberikan saran pada IKM Bolu Pisang Ibu Onih melakukan pengaturan dalam mengalokasikan keuangan agar tidak terlalu berdampak negatif terhadap perkembangan IKM Bolu Pisang Ibu Onih pada saat terjadi kenaikan bahan baku. Dan hendaknya dalam melakukan kegiatan promosi penjualan bisa memanfaatkan internet dan pameran, agar masyarakat lebih mengenal IKM Bolu Pisang Ibu Onih.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:49
Last Modified: 14 Oct 2021 02:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item