Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMODITAS SAYUR DAN BUAH MELALUI APLIKASI TUKANGSAYUR.CO (Suatu Kasus di Wilayah Kota Jakarta Selatan)

DZAKIYYAH RIDHA, HANUM (2017) PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMODITAS SAYUR DAN BUAH MELALUI APLIKASI TUKANGSAYUR.CO (Suatu Kasus di Wilayah Kota Jakarta Selatan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMODITAS SAYUR DAN BUAH MELALUI APLIKASI TUKANG SAYUR. CO (Suatu Kasus di Wilayah Kota Jakarta Selatan).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Digital-based business opportunities in Indonesia is quite high. So businesses that make use of technology, such as applications, ranging widely used trade as one of the new way of compete in the digital age. This is then conducted by PT. Mahakarya Tukang Sayur Indonesia, as the companies containing tukangsayur.co’s application where parents especially Moms who didn't get into the market can buy kitchen needs from tukangsayur.co’s application. This study aims to describe the characteristics of consumers, knowing the factors that affect consumers and analyzing the factors that most influence the consumer's buying decision of fruit and vegetable commodities on tukangsayur.co’s application. This research uses the survey method with 70 respondents and analyzed using multiple regression analysis. Based on the results of research that consumers who become users application tukangsayur.co is a married woman with a range of aged 31-35 years. Mostly, the user application tukangsayur.co well educated (bachelor degree), profession as a private employee and earn more than IDR 7 million per month. The research identified six factors that influence buying decision, there are product (2,5%), price (2,5%), participant (16,4%), promotion (-4.3%) process (21,3%) and application (6,4%) Among these variables, the factor that most influence the buying decision is a process factor (21,3%)

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBukhari, AhmadUNSPECIFIED
Thesis advisorKrisdianto, NanangUNSPECIFIED
Additional Information: Peluang bisnis berbasis digital di Indonesia cukup tinggi. Sehingga bisnis yang memanfaatkan teknologi internet, mulai banyak digunakan pelaku usaha sebagai salah satu cara baru untuk besaing di era digital. Hal ini yang kemudian dilakukan oleh PT. Mahakarya Tukang Sayur Indonesia, sebagai perusahaan yang menaungi aplikasi tukangsayur.co dimana para orang tua terutama ibu-ibu yang tidak sempat ke pasar bisa membeli kebutuhan dapurnya dari aplikasi tukangsayur.co Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dan menganalisis faktor yang paling mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian komoditas sayur dan buah pada aplikasi tukangsayur.co. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah menggunakan survei, dengan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive). Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling untuk mendapatkan responden yang sesuai dengan karakteristik tujuan penelitian dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian bahwa konsumen yang menjadi pengguna aplikasi tukangsayur.co adalah perempuan yang sudah menikah dengan rentang umur 31-35 tahun, berpendidikan akhir S1, berprofesi karyawan swasta dan berpenghasilan > Rp. 7.000.000 per bulan. Pengguna aplikasi tukangsayur.co adalah konsumen yang melakukan 1-3 kali pembelian (35,7%), mengetahui informasi perusahaan dari keluarga atau teman (41,4%). Namun, pembelian pada aplikasi tukangsayur.co tidak rutin setiap minggunya (38,6%), karena kurangnya kualitas produk (27,1%). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian komoditas sayur dan buah melalui aplikasi tukangsayur.co ada enam faktor, yaitu faktor produk (2,5%), harga (2,5%), partisipan (16,4%), promosi (-4.3%), proses (21,3%), dan aplikasi (6,4%), dan faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian adalah faktor proses (21,3%), meliputi kesesuaian pesanan yang dikirim, layanan metode pembayaran, biaya pengiriman, jadwal pemesanan dan pengantaran.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:58
Last Modified: 14 Oct 2021 01:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2887

Actions (login required)

View Item View Item