Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS SYNGAS DARI CAMPURAN MUNICIPAL SOLID WASTE DAN CANGKANG KELAPA DENGAN PENAMBAHAN ZEOLIT ALAM BAYAH SEBAGAI KATALIS MELALUI PROSES GASIFIKASI MENGGUNAKAN PEMANAS INDUKSI

Pratama, Luthfi Aji (2023) ANALISIS SYNGAS DARI CAMPURAN MUNICIPAL SOLID WASTE DAN CANGKANG KELAPA DENGAN PENAMBAHAN ZEOLIT ALAM BAYAH SEBAGAI KATALIS MELALUI PROSES GASIFIKASI MENGGUNAKAN PEMANAS INDUKSI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYA.

This is the latest version of this item.

[img] Text (SKRIPSI)
Luthfi Aji Pratama_3331190039_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Luthfi Aji Pratama_3331190039_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Luthfi Aji Pratama_3331190039_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Luthfi Aji Pratama_3331190039_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Luthfi Aji Pratama_3331190039_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Luthfi Aji Pratama_3331190039_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Luthfi Aji Pratama_3331190039_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Luthfi Aji Pratama_3331190039_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Luthfi Aji Pratama_3331190039_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar nomor 4 di dunia, Indonesia memiliki berbagai tantangan khususnya terkait lingkungan dan kebutuhan energi. Dimana seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk maka akan dibarengi dengan meningkatnya produksi sampah serta kebutuhan akan energi, Sehingga perlu dilakukan sebuah pengolahan sampah perkotaan menjadi bahan bakar yang dapat menghasilkan energi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu upaya pengolahan tersebut adalah melakukan proses gasifikasi dengan menggunakan bahan bakar berupa Municipal Solid Waste (MSW) dan dikombinasi dengan cangkang kelapa, dimana cangkang kelapa memiliki potensi sebagai bahan bakar biomassa mencapai 167,32 Terra Joule/Tahun. Kombinasi antara MSW dan cangkang kelapa yang kemudian ditambahkan dengan katalis berupa zeolit alam bayah diharapkan mampu menghasilkan syngas yang kaya akan hidrogen. Tujuan dari penelitian kali ini yaitu untuk mengetahui komposisi syngas yang dihasilkan, kemudian mengetahui rasio perbandingan bahan bakar antara MSW dan cangkang kelapa yang paling optimal berdasarkan kandungan hidrogen dan warna api yang dihasilkan, serta mengetahui pengaruh dari penambahan zeolit alam bayah sebagai katalis. Pada penelitian kali ini metode yang digunakan yaitu eksperimental. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil yaitu komposisi syngas yang dihasilkan dari campuran MSW dan cangkang kelapa terdiri dari H2, CO, CH4 dan CO. kemudian untuk rasio perbandingan paling optimal berdasarkan kandungan hidrogen dan warna api adalah rasio (60:40) atau MSW sebesar 30 gram dan cangkang kelapa sebesar 20 gram dikarenakan hidrogen yang terkandung pada rasio ini merupakan yang terbesar jika dibandingkan rasio lainnya yaitu mencapai 49,70%. berdasarkan warna api, rasio ini mampu menghasilkan warna api yang biru pekat dan memiliki konsistensi yang tetap selama pengujian visual. Kemudian pengaruh penambahan katalis berupa zeolit alam bayah pada penelitian kali ini yaitu menurunkan energi aktivasi sehingga reaksi dapat berlangsung cepat sehingga zat sisa yang dihasilkan lebih kecil, kemudian juga berfungsi untuk memecah reaksi ikatan hidrokarbon sehingga komposisi hidrogen yang dihasilkan akan menjadi lebih banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosyadi, Imron197605042006041001
Thesis advisorUla, Shofiatul198403132019032009
Additional Information: Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar nomor 4 di dunia, Indonesia memiliki berbagai tantangan khususnya terkait lingkungan dan kebutuhan energi. Dimana seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk maka akan dibarengi dengan meningkatnya produksi sampah serta kebutuhan akan energi, Sehingga perlu dilakukan sebuah pengolahan sampah perkotaan menjadi bahan bakar yang dapat menghasilkan energi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu upaya pengolahan tersebut adalah melakukan proses gasifikasi dengan menggunakan bahan bakar berupa Municipal Solid Waste (MSW) dan dikombinasi dengan cangkang kelapa, dimana cangkang kelapa memiliki potensi sebagai bahan bakar biomassa mencapai 167,32 Terra Joule/Tahun. Kombinasi antara MSW dan cangkang kelapa yang kemudian ditambahkan dengan katalis berupa zeolit alam bayah diharapkan mampu menghasilkan syngas yang kaya akan hidrogen. Tujuan dari penelitian kali ini yaitu untuk mengetahui komposisi syngas yang dihasilkan, kemudian mengetahui rasio perbandingan bahan bakar antara MSW dan cangkang kelapa yang paling optimal berdasarkan kandungan hidrogen dan warna api yang dihasilkan, serta mengetahui pengaruh dari penambahan zeolit alam bayah sebagai katalis. Pada penelitian kali ini metode yang digunakan yaitu eksperimental. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil yaitu komposisi syngas yang dihasilkan dari campuran MSW dan cangkang kelapa terdiri dari H2, CO, CH4 dan CO. kemudian untuk rasio perbandingan paling optimal berdasarkan kandungan hidrogen dan warna api adalah rasio (60:40) atau MSW sebesar 30 gram dan cangkang kelapa sebesar 20 gram dikarenakan hidrogen yang terkandung pada rasio ini merupakan yang terbesar jika dibandingkan rasio lainnya yaitu mencapai 49,70%. berdasarkan warna api, rasio ini mampu menghasilkan warna api yang biru pekat dan memiliki konsistensi yang tetap selama pengujian visual. Kemudian pengaruh penambahan katalis berupa zeolit alam bayah pada penelitian kali ini yaitu menurunkan energi aktivasi sehingga reaksi dapat berlangsung cepat sehingga zat sisa yang dihasilkan lebih kecil, kemudian juga berfungsi untuk memecah reaksi ikatan hidrokarbon sehingga komposisi hidrogen yang dihasilkan akan menjadi lebih banyak.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Luthfi Aji Pratama
Date Deposited: 22 Aug 2023 10:37
Last Modified: 31 Aug 2023 15:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/28699

Available Versions of this Item

  • ANALISIS SYNGAS DARI CAMPURAN MUNICIPAL SOLID WASTE DAN CANGKANG KELAPA DENGAN PENAMBAHAN ZEOLIT ALAM BAYAH SEBAGAI KATALIS MELALUI PROSES GASIFIKASI MENGGUNAKAN PEMANAS INDUKSI. (deposited 22 Aug 2023 10:37) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item