Puspitasari, Nita and Fitriyah, Neka and Gumelar, Rangga G. (2013) STRATEGI MEDIA WEBSITE CORPORATE COMMUNICATIONS DEPARTMENT PT ANGKASA PURA 1 (PERSERO) DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (SKRIPSI KOM - Nita Puspitasari - 2013)
SKRIPSI KOM - Nita Puspitasari - 2013.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
Abstract
Nita Puspitasari. NIM. 091708. Skripsi. STRATEGI MEDIA WEBSITE PT ANGKASA PURA 1 (PERSERO) DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN (Studi Pada Corporate Communications Department PT Angkasa Pura 1 Kemayoran-Jakarta) PT Angkasa Pura 1 (Persero) memiliki website corporate dengan alamat www.angkasapura1.co.id sebagai media internal perusahaan yang mampu menyebarkan informasi secara cepat dan akurat, namun ternyata website corporate belum memenuhi nilai user friendly dan belum menyediakan fitur-fitur menu khusus utuk karyawan. Hal tersebut menyebabkan Corporate communications department membuat trobosan agar pemanfaatan website lebih digunakan secara maksimal. Pada penelitian ini menggunakan konsep empat fungsi manajemen dalam media internal yang terdiri dari Planing, Organizing, Actuating, dan Controlling (POAC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh corporate communications department agar website corporate mampu memenuhi kebutuhan informasi karyawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini ialah Corporate Communications Department PT Angkasa Pura 1 (Persero) menggunakan strategi penyempurnaan media website dalam dua sisi yang berbeda namun saling berkaitan. Pada tahap perencanaan Corporate Communications Department membuat fitur menu yang disesuaikan dengan berbagai jenis kebutuhan informasi karyawan diantaranya membuat menu HCIS (Human Capital Information System), Media Monitoring, Knowledge Management, pembaharuan tampilan web berupa perubahan logo dan unsur warna sesuai dengan identitas perusahaan terbaru dan penerapan system automatic website. Menunjuk orang-orang yang berkompeten pada tahap organizing untuk menunjang kesuksesan dari perencanaan yang dibuat. Melakukan sosialisasi setelah di implementasikan dan melakukan controlling pada media monitoring dan HCIS yang telah diaplikasikan agar karyawan selalu melihat dan mengingat website dan pada akhirnya akan senantiasa menggunakan website untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Kata Kunci: Strategi, Media Komunikasi Internal, Website, Informasi, Karyawan
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | ABSTRACT : Nita Puspitasari. NIM. 091708.Study.STRATEGY MEDIA WEBSITE PT ANGKASA PURA 1 (PERSERO) TO FILL NEEDS OF THE EMPLOYEES INFORMATION (Study in the Corporate Communications Department PT Angkasa Pura 1 Kemayoran-Jakarta) PT AngkasaPura 1 (Persero) has a corporate website as an internal media company that is able to disseminate information quickly and accurately, but in fact it has not value of user friendly and yet provides features special menu for employees. It caused the corporate communications department made a breakthrough in order to use the web function optimally. In this study, researchers used the theory of the four functions of management in the internal medium consisting of Planing, Organizing, Actuating and Controlling (POAC). This study aims to determine what strategy is used by the corporate communications department PT Angkasa Pura 1 (Persero) in order that website corporate will fill needs of the employees information. This study uses qualitative research methods descriptive approach. Data was collected by observation and in-depth interviews. Results from this study is the Corporate Communications Department of PT Angkasa Pura 1 (Persero) using media website improvement strategy in the two sides are different but related. At the planning stage of the Corporate Communications Department makes the menu features tailored to the needs of various types of employee information such as making menu HCIS (Human Capital Information System), Media Monitoring, Knowledge Management, web display updates in the form of changes to the logo and color elements in accordance with the latest corporate identity and implementation automatic system website. Appoint people who are competent at organizing stage to support the success of the plan are made. Socializing after implemented and conduct media monitoring and controlling the HCIS that has been applied so that employees always see and remember the website and in the end will always use the website to find the information needed. Key Words: Strategy, Internal Media Company, Website, Information, Employees |
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 28 Aug 2013 04:12 |
Last Modified: | 28 Aug 2013 04:12 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/286 |
Actions (login required)
View Item |