Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PEMASARAN COFFEE SHOP HYDRO CAFE DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

Roma Fika, Okta (2023) STRATEGI PEMASARAN COFFEE SHOP HYDRO CAFE DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Other (SKRIPSI)
Okta Roma Fika_4441190002_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Okta Roma Fika_4441190002_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Okta Roma Fika_4441190002_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Okta Roma Fika_4441190002_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Okta Roma Fika_4441190002_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Okta Roma Fika_4441190002_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Okta Roma Fika_4441190002_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Okta Roma Fika_4441190002_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Coffee shop is a beverage industry that is quite interesting to be used as a culinary tourism object in Serang Regency Coffee Shop Hydro Cafe provides a variety of coffee, drinks and food that are popular among young people or people who like to hang out. Qualitative descriptive approach to the research location, namely on Coffee Shop Hydro Cafe in Jl. Ciruas - Petir No 18, Mekar Baru Village, Petir District, Serang Regency, Banten Province. The technique for determining respondents used purposive (intentional) and was developed using the accidental sampling method. The results showed that the total score of the IFE matrix was 2.641, while the total score of the EFE matrix was 2.572. The results of the IE matrix showed that the position of Coffee Shop Hydro Cafe was in quadrant V which have moderate or average internal and external capabilities. Coffee Shop Hydro Cafe is in a hold and maintain condition. Alternative business management strategies can be used by Coffee Shop Hydro Cafe based on the SWOT Matrix is to increase market share broadly, increase employee training and development activities, carry out more vigorous promotions and develop online sales, conduct financial records with a supporting system, improve product quality, maintain product selling prices remain stable, optimize facilities for the benefit of consumers, create a variety of product menus with attractive tastes, shapes and appearance.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAndjar, Astuti196005311986112001
Thesis advisorGunawan, Gugun196211102000121001
Additional Information: Coffee shop merupakan suatu industri minuman yang cukup menarik untuk dijadikan salah satu objek wisata kuliner di Kabupaten Serang. Coffee Shop Hydro Cafe menyediakan beragam kopi, minuman dan makanan yang populer dikalangan anak muda atau orang-orang yang gemar nongkrong. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Coffee Shop Hydro Cafe. Penelitian dilakukan di Jl. Ciruas – Petir No.18, Desa Mekar Baru, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang. Teknik penentuan responden menggunakan purposive (sengaja) dan dikembangkan dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor total dari matriks IFE sebesar 2,641 dengan kekuatan utama yang dimiliki oleh Coffee Shop Hydro Cafe yaitu produk yang dihasilkan berkualitas baik dengan skor 0,272. Kelemahan utama yang dimiliki Coffee Shop Hydro Cafe yaitu fasilitas belum optimal sepenuhnya dengan skor 0,060. Sedangkan skor total dari matriks EFE sebesar 2,572 dengan peluang utama yang dimiliki oleh Coffee Shop Hydro Cafe yaitu perkembangan teknologi dan informasi dengan skor 0,716. Ancaman utama yang dirasakan oleh Coffee Shop Hydro Cafe yaitu ancaman produk substitusi dengan skor 0,128. Pada hasil matriks IE menunjukan bahwa posisi Coffee Shop Hydro Cafe berada pada kuadran V yang memiliki kemampuan internal dan eksternal yang sedang atau rata-rata. Coffee Shop Hydro Cafe berada pada kondisi hold and maintain. Strategi yang sesuai dengan kuadran ini adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Coffee Shop Hydro Cafe berdasarkan Matriks SWOT yaitu dengan meningkatkan pangsa pasar secara luas, meningkatkan kegiatan pelatihan dan pengembangan karyawan, melakukan promosi dengan lebih gencar dan mengembangkan penjualan secara online, melakukan pencatatan keuangan dengan sistem yang mendukung, meningkatkan kualitas produk, menjaga harga jual produk tetap stabil, mengoptimalkan fasilitas untuk kepentingan konsumen, dan membuat variasi menu produk dengan rasa, bentuk dan tampilan yang menarik.
Uncontrolled Keywords: coffee shop, coffee shop hydro cafe, marketing strategy, SWOT matrix coffee shop, coffee shop hydro cafe, strategi pemasaran, matriks SWOT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Mrs Okta Roma Fika
Date Deposited: 20 Sep 2023 10:10
Last Modified: 20 Sep 2023 10:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/28230

Actions (login required)

View Item View Item