Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PILIHAN BAHASA MASYARAKAT PENDATANG DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR INPRES KALIANDA LAMPUNG SELATAN DAN RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) BERBICARA DI KELAS VII SMP

Novita Sari, Dwi (2017) PILIHAN BAHASA MASYARAKAT PENDATANG DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR INPRES KALIANDA LAMPUNG SELATAN DAN RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) BERBICARA DI KELAS VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PILIHAN BAHASA MASYARAKAT PENDATANG DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR INPRES KALIANDA LAMPUNG SELATAN DAN RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) BERBICARA DI KELAS VII SMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This study examined the problem of choice of language in buying and selling situation in Kalianda Inpres market. Sellers are migrants from Java who live in Kalianda and sell in the Inpres market. The objectives of this research were as follows: (1) choice of migrant community language in buying and selling situation in Kalianda Inpres market; (2) Factors influencing the choice of the language of the community in the buying and selling situation in Kalianda Inpres market; and (3) Proposed RPP (Learning Implementation Plan) speaks in class VII of SMP which can be prepared by utilizing the results of the analysis and research findings. The research method used, that was qualitative descriptive method. Data collection in this research was done by tapping technique, SBLC, record, and record. Furthermore, the data were analyzed by the method of padan. Meanwhile, the data in this study was a type of speech buying and selling by the community of immigrants who sell in Kalianda Inpres market. This research yielded the following findings: (1) choice of 15 codes of coded language; (2) choice of mixed code type 16 data languages; and (3) the choice of languages of the same variation of language as much as 44 data. The factors underlay the occurrence of choice of language in buying and selling situation in market Kalianda Inpres, they were factor of participant and situation. Participant factors consisted of 3 aspects in the buying and selling situation in Kalianda Inpres market, such as (1) better language choice, (2) based on buyer's age, and (3) ethnic background of buyer. While the situation only consists of one aspect in the situation of buying and selling in Kalianda Inpres market, namely the level of intimacy. Thus, the choice of the language of migrant community in the buying and selling situation in Kalianda Inpres market can be utilized to prepare the lesson planning in class VII of SMP with Competency Standards (SK): "To express experience and information through storytelling activities and deliver announcement" and Basic Competence (KD) : "Telling the most memorable experience by using effective word choices and sentences".

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini mengkaji masalah pilihan bahasa dalam situasi jual beli di pasar Inpres Kalianda. Penjual merupakan pendatang dari pulau Jawa yang tinggal di daerah Kalianda dan berjualan di pasar Inpres. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pilihan bahasa masyarakat pendatang dalam situasi jual beli di pasar Inpres Kalianda; (2) Faktor-faktor yang memengaruhi pilihan bahasa masyarakat dalam situasi jual beli di pasar Inpres Kalianda; dan (3) Usulan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) berbicara di kelas VII SMP yang dapat disusun dengan memanfaatkan hasil analisis dan temuan penelitian. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode deskriftif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sadap, SBLC, rekam, dan catat. Selanjutnya, data dianalisis dengan metode padan. Sementara itu, data dalam penelitian ini adalah jenis tuturan jual beli oleh masyarakat pendatang yang berjualan di pasar Inpres Kalianda. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: (1) pilihan bahasa jenis alih kode sebanyak 15 data; (2) pilihan bahasa jenis campur kode sebanyak 16 data; dan (3) pilihan bahasa jenis variasi bahasa yang sama sebanyak 44 data. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya pilihan bahasa dalam situasi jual beli di pasar Inpres Kalianda, yaitu faktor partisipan dan situasi. Faktor partisipan terdiri dari 3 aspek yang terdapat dalam situasi jual beli di pasar Inpres Kalianda, yaitu (1) pilihan bahasa yang dianggap lebih baik, (2) berdasarkan usia pembeli, dan (3) latar belakang etnis pembeli. Sedangkan faktor situasi hanya terdiri dari satu aspek dalam situasi jual beli di pasar Inpres Kalianda, yaitu tingkat keintiman. Dengan demikian bentuk pilihan bahasa masyarakat pendatang dalam situasi jual beli di pasar Inpres Kalianda dapat dimanfaatkan untuk menyusun RPP berbicara di kelas VII SMP dengan Standar Kompetensi (SK): “Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman” dan Kompetensi Dasar (KD): “Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif”.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 06:03
Last Modified: 13 Oct 2021 06:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2792

Actions (login required)

View Item View Item