Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTIONS)

MUTMAINAH, FINATI (2017) PERBEDAAN TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTIONS). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PERBEDAAN TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Finati Mutmainah, The Different of Thinking Skills Students Who Applied Model Cooperative Learning Type Numbered Heads Together (NHT) with The Direct Instructions Learning. (A Quasi Experiment At Fifth Grade in SD Negeri Graha Cisait). Research Paper, Primary School Teacher Education Department, Teacher Training And Education Faculty, Sultan Ageng Tirtayasa University. The research Purpose was to know of applied of model cooperative learning type numbered heads together (NHT) toward students thinking skills in Social at fifth grade school. This research was held in SD Negeri Graha Cisait in 2016/2017. This research method is experimentation with forms of research Quasi Experimental Design (quasi-experimental). The sampling technique used Purposive Sampling. In this research at V A were 34 students as experiment class with applying model cooperative learning type numbered heads together (NHT) and at V B were 34 students as control class with applied direct instruction learning. Based on pretest data by the average value of student thinking skills experimental class of 13,50 while the control class is 13,05. After learning, the second classes are given the posttest. Based on the data processing post-test average results of thinking skills students experiment at 19,55 while the control class is 17,20. Based on the results concluded that the results of thinking skills students with cooperative learning model type numbered heads together (NHT) there are significant differences and better than students with direct instructional model (Direct Instruction), therefore Ho rejected dan H1 accepted. Finally that is a learning outcome after a given learning activities using model cooperative learning type numbered heads together (NHT) and result learning model Numbered Heads Together (NHT) is better than Direct Instruction teaching model

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Thesis advisorAsih, IndhiraUNSPECIFIED
Additional Information: Finati Mutmainah, Perbedaan Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction. Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Negeri Graha Cisait. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Graha Cisait tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Experimental Design (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas 5 SDN Graha Cisait Tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pada penelitian ini kelas V A berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan kelas V B berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 13,50 sedangkan kelas kontrol sebesar 13,05Setelah pembelajaran, kedua kelas diberikan postes. Berdasarkan pengolahan data postes diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 19,55 sedangkan kelas kontrol sebesar 17,20 . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT)lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Selain itu terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran langsung.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:58
Last Modified: 13 Oct 2021 04:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2791

Actions (login required)

View Item View Item