Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE, VCT) DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD

ANISA, KRISTIN (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE, VCT) DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE, VCT) DENGAN CONTEXTUA TEACHING AND LEARNING (CTL).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This study aims to determine the differences in the ability of conceptual understanding of IPS subjects between students who received learning using Value Clarification Technique (VCT) learning model, better than students who received learning using Contextual Teaching Learning (CTL) , On students of grade V SD N 3 Muara Ciujung Timur Academic Year 2016/2017. The research method used is quasi experimental method with non equivalent design design control group. Sampling technique used is purposive sampling. In this research, VA class as experiment class I and class VB experiment class II. Data collection techniques used are using pretest and postes. The test result from posttest data shows that there is a difference of understanding ability of IPS concept between students using Value Clarification Technique Technique (VCT) model, better than students who are learning using Contextual Teaching Learning (CTL) model. This can be seen from the result of t-test, where tcount is bigger than ttable that is, 3,78> 1,1,667 at 5% significance level with dk = 81 equal to 1,667to tcount> ttable. Thus it can be concluded that the concept of conceptual understanding between learning model Value Clarification Technique (VCT), better than Contextual Teaching Learning (CTL) on the subjects of social studies grade 5 SD N 3 Muara Ciujung Timur Academic Year 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorM. Taufik, M. TaufikUNSPECIFIED
Thesis advisorAsih, IndhiraUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teknik Klarifikasi Nilai (Value Clarification Technique, VCT), lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), pada siswa kelas V SD N 3 Muara Ciujung Timur Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent kontrol group desain. Teknik penarikan sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pada penelitian ini, kelas VA sebagai kelas eksperimen I dan kelas VB kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan pretes dan postes. Hasil pengujian dari data postes menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep IPS antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Teknik Klarifikasi Nilai (Value Clarification Technique, VCT), lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Ini dapat dilihat dari hasil uji-t, dimana thitung lebih besar dari ttabel yaitu, 3,78>1,1,667 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 81 sebesar 1,667sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep antara model pembelajaran Teknik Klarifikasi Nilai (Value Clarification Technique, VCT), lebih baik daripada Contextual Teaching Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD N 3 Muara Ciujung Timur Tahun Ajaran 2016/2017.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:50
Last Modified: 13 Oct 2021 04:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item View Item