Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

DAMPAK MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS ( Kuasi Eksperimen Pada siswa Kelas IV SDN Banjar Agung IV Kota Serang )

Ferdiana, Yan (2014) DAMPAK MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS ( Kuasi Eksperimen Pada siswa Kelas IV SDN Banjar Agung IV Kota Serang ). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
FILE 2 DAMPAK MODEL KOOPRATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetah juga untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemahaman kosep siswa yang menggunakan picture and picture dan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kelompok eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Banjar Agung 4. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti memilih dua kelas dengan menggunakan undian didapat kelas 4A sebagai kelas eksperimen, kelas ini terdiri dari 28 siswa. Peneliti menggunakan picture and picture sebgai media pembelajaran. Kelompok kedua adalah kelas 4B sebagai kelompok kontrol, kelas ini terdiri dari 27 siswa. Peneliti menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai teknik pembelajaran. Pemberian tes diberikan untuk memperoleh data. Pretes dilakukan sebelum diberikan perlakuan dan postes dilakukan setelah diberikan perlakuan. Penelitian juga menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk mengetahui distribusi normalitas dan varians homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dari statistik uji signifikasi atau thitung Hipotesis dengan thitung 2,2707 sedangkan tingkat signifikan adalah 0,05 dengan dk 53 ttabelnya adalah 1,67412 dan hasil t hitung atau t tes lebih tinggi dari t tabel. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara yang menggunakan model kooperatif tipe picture and picture dan yang konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS. Kata Kunci :Pembelajaran IPS, Pembelajaran kooperatipe tipe picture and picture, Dampak dan Perbedaan

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Thesis advisorAsih VY, Indhira196906292003122001
Additional Information: ABSTRAK Dampak Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ips Oleh Yan Ferdiana 2227102663 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetah juga untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemahaman kosep siswa yang menggunakan picture and picture dan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kelompok eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Banjar Agung 4. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti memilih dua kelas dengan menggunakan undian didapat kelas 4A sebagai kelas eksperimen, kelas ini terdiri dari 28 siswa. Peneliti menggunakan picture and picture sebgai media pembelajaran. Kelompok kedua adalah kelas 4B sebagai kelompok kontrol, kelas ini terdiri dari 27 siswa. Peneliti menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai teknik pembelajaran. Pemberian tes diberikan untuk memperoleh data. Pretes dilakukan sebelum diberikan perlakuan dan postes dilakukan setelah diberikan perlakuan. Penelitian juga menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk mengetahui distribusi normalitas dan varians homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dari statistik uji signifikasi atau thitung Hipotesis dengan thitung 2,2707 sedangkan tingkat signifikan adalah 0,05 dengan dk 53 ttabelnya adalah 1,67412 dan hasil t hitung atau t tes lebih tinggi dari t tabel. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara yang menggunakan model kooperatif tipe picture and picture dan yang konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Pembelajaran IPS, Pembelajaran kooperatipe tipe picture and picture, Dampak dan Perbedaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:06
Last Modified: 25 Oct 2021 05:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2779

Actions (login required)

View Item View Item