Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PEMASARAN BOLU NANGKA DAN BOLU CEMPEDAK SEBAGAI OLAHAN PANGAN LOKAL DI KECAMATAN JONGGOL, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT (Suatu Kasus pada UMKM Ania Cake)

KHOTIMAH, KHUSNUL (2023) STRATEGI PEMASARAN BOLU NANGKA DAN BOLU CEMPEDAK SEBAGAI OLAHAN PANGAN LOKAL DI KECAMATAN JONGGOL, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT (Suatu Kasus pada UMKM Ania Cake). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Khusnul Khotimah_4441190119_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khusnul Khotimah_4441190119_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khusnul Khotimah_4441190119_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khusnul Khotimah_4441190119_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khusnul Khotimah_4441190119_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khusnul Khotimah_4441190119_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khusnul Khotimah_4441190119_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khusnul Khotimah_4441190119_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fruit is one of the many food sources available in Indonesia that can be used and turned into a business opportunity. In this case, Ania Cake as a food business, processes jackfruit and cempedak fruit by innovating to produce jackfruit and cempedak cake products due to the abundant availability of the fruit in Jonggol District, Bogor Regency. However, since the Covid-19 pandemic, Ania Cake's business has seen a significant drop in sales and fluctuates, including jackfruit and cempedak cake products as their signature products. So the effort to overcome the sales volume is made through an analysis of the best marketing strategy to be implemented in accordance with business continuity. The purposes of this research is to examine the company's internal and external environmental factors that influence marketing strategy, as well as to determine the best marketing strategy for Ania Cake to implement. The method which is used in this research are IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix and QSPM. The results of the research, showed that there are 14 internal factors (seven strength factors and seven weakness factors) and 10 external factors (six opportunity factors and four threat factors) with the company's position in Quadrant V (Hold and Maintain). The results of the SWOT analysis showed that there are 13 alternative strategies that can be implemented by the company. The strategy with the highest priority based on QSPM calculation is to increase the target market's reach with a TAS score of 6,739.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMEGA SARI, RATNA198708162015042002
Thesis advisorBUDIAJI, WEKSI198303082006041004
Additional Information: Buah-buahan merupakan salah satu sumber pangan dengan ketersediaan melimpah di Indonesia yang dapat dimanfaatkan dan dijadikan sebagai peluang bisnis. Dalam hal ini, Ania Cake sebagai pelaku usaha makanan berinovasi mengolah buah nangka dan cempedak sebagai produk kue bolu karena ketersediaan buah nangka dan cempedak yang melimpah di Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor. Namun sejak pandemi Covid-19, bisnis Ania Cake mengalami penurunan penjualan yang signifikan dan cenderung fluktuatif, termasuk produk bolu nangka dan cempedak sebagai produk unggulannya. Oleh karena itu, upaya mengatasi volume penjualan dengan melalui analisis strategi pemasaran terbaik yang dapat diterapkan seiring dengan kelangsungan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi strategi pemasaran, serta menentukan strategi pemasaran yang terbaik untuk diterapkan oleh Ania Cake. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 14 faktor internal (tujuh faktor kekuatan dan tujuh faktor kelemahan) dan 10 faktor eksternal (enam faktor peluang dan empat faktor ancaman) dengan posisi perusahaan pada Kuadran V (Hold and Maintain). Hasil analisis SWOT menunjukkan terdapat 13 alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Strategi dengan prioritas tertinggi berdasarkan perhitungan QSPM adalah meningkatkan jangkauan pasar sasaran dengan skor TAS sebesar 6.739.
Uncontrolled Keywords: Ania Cake, cempedak fruit, jackfruit, local food, marketing strategy
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Mrs Khusnul Khotimah
Date Deposited: 24 Aug 2023 09:17
Last Modified: 24 Aug 2023 09:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/27787

Actions (login required)

View Item View Item