Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI STUDI KASUS PADA TAMAN BACAAN MASYARAKAT RUANG RIUNG PAGELARAN DESA PAGELARAN KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PANDEGLANG

Edya Destiana, Agung (2017) PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI STUDI KASUS PADA TAMAN BACAAN MASYARAKAT RUANG RIUNG PAGELARAN DESA PAGELARAN KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Agung Edya Destiana (2221112381), Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Studi Kasus Pada Taman Bacaan Masyarakat Ruang Riung Pagelaran Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang”Pembimbing I, Dr. H. Irwan Djumena, M.Pd Pembimbing II, Ahmad Fauzi, M.Pd Masalah dalam penelitian Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Studi Kasus Pada Taman Bacaan Masyarakat Ruang Riung Pagelaran Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang”. Penelitian ini secara khusus mengkaji Masalah (1)Bagaimana Peran Taman Bacaan Masyarakat dalam meningkatkan budaya literasi Masyarakat Ruang Riung Pagelaran ? (2)Bagaimana Strategi Taman Bacaan Masyarakat dalam Meningkatkan Budaya Literasi Masyarakat Ruang Riung Pagelaran ?(3)Apa Saja Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Taman Bacaan Masyarakat dalam meningkatkan budaya literasi Masyarakat Ruang Riung Pagelaran ?Pendekatan penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik dan pedoman pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah 1 orang pengelola, 4 orang tutorr dan 10orang peserta pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ruang Riung Pagelaran dalam Meningkatkan budaya literasi yaitu meliputi sebagai sumber belajar, sumber informasi, sarana rekreasi edukasi, pembinaan karakter dan moral, sebagai tempat belajar ketrampilan. Pelaksanaan program-program yang dilakukan oleh TBM Ruang Riung Pagelaran dimaksudkan sebagai upaya dalam menumbuhkan budaya literasi dengan pihak yang terkait untuk keberhasilan disetiap program yang dilaksanakan, sehingga dengan adanya TBM Ruang Riung Pagelaran masyarakat dapat terbantu dalam mencari informasi sesuai kebutuhan.(2) Strategi yang digunakan yaitu strategi pengelolaan program kecakapan hidup yang meliputi perencanaan diantaranya mengidentifikasi kebutuhan warga belajar menentukan program disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Pelaksanaan program sesuai dengan rencana yang telah dibuat, melakukan pengawasan dan penilaian program Dalam proses pembelajaran menggunakan startegi pembelajaran kecakapan hidup yang meliputi pendekatan andragogy, pembelajaran partisipatif, metode praktek dan penyediaan media pembelajaran serta sumber belajar yang memadai. Budaya literasi terhadap Taman Bacaan Masyarakat cukup antusias dan positif. Bila dibandingkan sebelumnya, masyarakat seperti acuh dengan budaya literasi. Masyarakat tidak hanya berkontribusi dalam kegiatan budaya literasi di Taman Bacaan Masyarakat, tetapi juga ikut membantu merapikan buku-buku dan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan seperti perlombaan-perlombaan.Masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam membaca di Taman Bacaan Masyarakat juga mengajak masyarakat lain untuk ikut mengikuti budaya literasi. (3) Faktor pendukung dalam meningkatkan budaya literasi masyrakat Ruang Riung Pagelaran yaitu lokasi pelatihan yang strategis, motivasi yang tinggi dari peserta pelatihan, sikap tutor/instruktur yang professional. Faktor penghambat dalam meningkatkan budaya literasi masyrakat Ruang Riung Pagelaran yaitu kesadaran peserta untuk mengikuti budaya literasi masih rendah, kurang adanya pengawasan dari tutor/instruktur pada saat pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDjumena, IrwanUNSPECIFIED
Thesis advisorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
Additional Information: Agung Edya Destiana (2221112381), Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Studi Kasus Pada Taman Bacaan Masyarakat Ruang Riung Pagelaran Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang”Pembimbing I, Dr. H. Irwan Djumena, M.Pd Pembimbing II, Ahmad Fauzi, M.Pd Masalah dalam penelitian Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Studi Kasus Pada Taman Bacaan Masyarakat Ruang Riung Pagelaran Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang”. Penelitian ini secara khusus mengkaji Masalah (1)Bagaimana Peran Taman Bacaan Masyarakat dalam meningkatkan budaya literasi Masyarakat Ruang Riung Pagelaran ? (2)Bagaimana Strategi Taman Bacaan Masyarakat dalam Meningkatkan Budaya Literasi Masyarakat Ruang Riung Pagelaran ?(3)Apa Saja Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Taman Bacaan Masyarakat dalam meningkatkan budaya literasi Masyarakat Ruang Riung Pagelaran ?Pendekatan penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik dan pedoman pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah 1 orang pengelola, 4 orang tutorr dan 10orang peserta pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ruang Riung Pagelaran dalam Meningkatkan budaya literasi yaitu meliputi sebagai sumber belajar, sumber informasi, sarana rekreasi edukasi, pembinaan karakter dan moral, sebagai tempat belajar ketrampilan. Pelaksanaan program-program yang dilakukan oleh TBM Ruang Riung Pagelaran dimaksudkan sebagai upaya dalam menumbuhkan budaya literasi dengan pihak yang terkait untuk keberhasilan disetiap program yang dilaksanakan, sehingga dengan adanya TBM Ruang Riung Pagelaran masyarakat dapat terbantu dalam mencari informasi sesuai kebutuhan.(2) Strategi yang digunakan yaitu strategi pengelolaan program kecakapan hidup yang meliputi perencanaan diantaranya mengidentifikasi kebutuhan warga belajar menentukan program disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Pelaksanaan program sesuai dengan rencana yang telah dibuat, melakukan pengawasan dan penilaian program Dalam proses pembelajaran menggunakan startegi pembelajaran kecakapan hidup yang meliputi pendekatan andragogy, pembelajaran partisipatif, metode praktek dan penyediaan media pembelajaran serta sumber belajar yang memadai. Budaya literasi terhadap Taman Bacaan Masyarakat cukup antusias dan positif. Bila dibandingkan sebelumnya, masyarakat seperti acuh dengan budaya literasi. Masyarakat tidak hanya berkontribusi dalam kegiatan budaya literasi di Taman Bacaan Masyarakat, tetapi juga ikut membantu merapikan buku-buku dan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan seperti perlombaan-perlombaan.Masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam membaca di Taman Bacaan Masyarakat juga mengajak masyarakat lain untuk ikut mengikuti budaya literasi. (3) Faktor pendukung dalam meningkatkan budaya literasi masyrakat Ruang Riung Pagelaran yaitu lokasi pelatihan yang strategis, motivasi yang tinggi dari peserta pelatihan, sikap tutor/instruktur yang professional. Faktor penghambat dalam meningkatkan budaya literasi masyrakat Ruang Riung Pagelaran yaitu kesadaran peserta untuk mengikuti budaya literasi masih rendah, kurang adanya pengawasan dari tutor/instruktur pada saat pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:28
Last Modified: 13 Oct 2021 04:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2773

Actions (login required)

View Item View Item