Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI OUTDOOR LEARNING

ISTI FATHIA, POETRY (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI OUTDOOR LEARNING. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI OUTDOOR LEARNING (Penelitian Tindakan Kelompok B di PAUD Negeri Pembina Terpadu Pandeglang Banten) full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This study aims to (1) know the process of applying outdoor learning in increasing drawing creativity of children group B in PAUD Negeri Pembina Terpadu Pandeglang school year 2016-2017, and to (2) know the increasement of drawing creativity of children group B through outdoor learning in PAUD Negeri Pembina Terpadu Pandeglang. The type of research is action research using Kemmis and Mc Taggart research model. The subjects were 22 children of group B in PAUD Negeri Pembina Terpadu Pandeglang. The object of research is drawing creativity. Methods of data collection is done through observation, interview, and documentation. Data analysis technique is done qualitatively and quantitatively. The indicator of success in this research is the average appearance of the indicators of drawing creativity based on the agreement of collaborators amount 60%. Based on the results of the research, showed an increase in the creativity of children drawing, because the learning process begins with making daily lesson plan, take action and observations in each cycle, and carry out reflections to improve activities that are considered still less good. This is evidenced by the results of the percentage of children's creativity drawing: 1) at the pre-study of 32%, 2) After the children were given action in cycle I the creativity of children's drawing increased by 51%, 3) in cycle II obtained results of 69%. The child has great curiosity, the child is not easily affected, the child is free of expression, the child wants to try, the child explores, the child has self-motivation, the child tries new things, expresses ideas or ideas, is able to provide problem solving, and the child produces the work In the form of images. Thus, the drawing creativity of children can be said to increase. So it can be concluded, that by using outdoor learning can increase drawing creativit

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKusumawardani, RatihUNSPECIFIED
Thesis advisorSayekti, TriUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses penerapan outdoor learning dalam meningkatkan kreativitas menggambar anak kelompok B di PAUD Negeri Pembina Terpadu Pandeglang tahun ajaran 2016-2017, (2) dan dapat mengetahui peningkatan kreativitas menggambar anak kelompok B melalui outdoor learning di PAUD Negeri Pembina Terpadu Pandeglang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan yang menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 22 anak kelompok B di PAUD Negeri Pembina Terpadu Pandeglang Banten. Objek penelitian yaitu kreativitas menggambar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah rata-rata munculnya indikator-indikator kreativitas menggambar didasarkan atas kesepakatan kolaborator sebesar 60%. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan kreativitas menggambar anak, karena pada proses pembelajarannya diawali dengan membuat RPPH, melakukan tindakan dan pengamatan di setiap siklusnya, serta melaksanakan refleksi guna memperbaiki kegiatan yang dianggap masih kurang baik. Hal ini dibuktikan oleh hasil presentase kreativitas menggambar anak yaitu: 1) pada pra penelitian sebesar 32%, 2) Setelah anak diberikan tindakan pada siklus I kreativitas menggambar anak meningkat sebesar 51%, 3) pada siklus II diperoleh hasil sebesar 69%. Anak memiliki rasa ingin tahu yang besar, anak tidak mudah terpengaruh, anak bebas berekspresi, anak mau mencoba, anak bereksplorasi, anak mempunyai motivasi diri, anak mencoba hal-hal baru, mengungkapkan ide atau gagasan, mampu memberikan pemecahan masalah, dan anak menghasilkan karya berupa gambar. Dengan demikian, kreativitas menggambar anak dapat dikatakan meningkat. Maka dapat disimpulkan, bahwa dengan menggunakan outdoor learning dapat meningkatkan kreativitas menggambar anak kelompok B di PAUD Negeri Pembina Terpadu Pandeglang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:51
Last Modified: 13 Oct 2021 03:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

View Item View Item