Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Portofolio

Haqiqi, Ahmad (2017) Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Portofolio. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Portofolio Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pagadungan 1 Karangtanjung Kab. Pandeglang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This study aims to improve the learning outcomes of IPS using portfolio learning method in grade V students of SD Negeri Pagadungan 1. The type of this study is Classroom Action Research with the subject of the students of class V SD Negeri Pagadungan 1 which amounted to 31 students. This study took place in two cycles. The instruments used are observation sheets, test questions. Instrument validation is done through expert judgment. Data were analyzed descriptively qualitative and quantitative. The indicator of success of this research is if at least 70% of students have reached KKM that is 70 and grade average value have increasing every cycle. The results showed that the use of portfolio learning method steps to identify problems, choose problems to study, collect information, create a class portfolio, present a portfolio / hearings and make conclusions can improve the learning outcomes of IPS. This can be known from the results of research that indicates an increase in learning outcomes for each cycle. In pre cycles, students who complete 32.26% with an average grade grade of 60.53, so it needs to be held action cycle I. Students who achieve value above the KKM increased by 58.06% with an average grade grade 67, 96. In cycle II, the number of completed students increased to 83.87% with the average class of 77.71.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarbini, AsnawiUNSPECIFIED
Thesis advisorRahman Hakim, ZerriUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakanmetode pembelajaran portofolio pada siswa kelas V SD Negeri Pagadungan 1.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitiansiswa kelas V SD Negeri Pagadungan 1 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian iniberlangsung dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi,soal tes. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Data dianalisissecara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalahjika minimal 70% siswa telah mencapai KKM yaitu 70 dan nilai rata-rata kelasmengalami peningkatan tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan langkah-langkah metodepembelajaran portofolio yaitu mengidentifikasi masalah, memilih masalah untukdikaji, mengumpulkan informasi, membuat portofolio kelas, menyajikanporofolio/dengar pendapat dan melakukan kesimpulan dapat meningkatkan hasilbelajar IPS. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil penelitian yang menunjukkanadanya peningkatan hasil belajar tiap siklusnya. Pada pra siklus, siswa yang tuntas32,26% dengan nilai rata-rata kelas 60,53, sehingga perlu diadakan tindakan siklus I.Siswa yang mencapai nilai di atas KKM mengalami peningkatan sebesar 58,06%dengan nilai rata-rata kelas 67,96. Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntasmengalami peningkatan menjadi 83,87% dengan rata-rata kelas 77,71.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:47
Last Modified: 13 Oct 2021 03:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2764

Actions (login required)

View Item View Item