Afiah, Jamilatul (2017) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA KELAS V SD. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA KELAS V SD.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
This research is based on teacher- centered learning, and low student problem solving abilities on natural science subjects. This research aims to determine the difference in problem solving skills of class fifhth students using project based learning model using the direct learning model, furthermore looking at higher problem solving ability of students between using project based learning model and using direct learning model. This research use True-experiment method with non-equevalent control group design research design. This research was conducted in Serang Stated Elementary School 20. Years of teaching 2016/2017. The sampling technique used is purposive sampling. In this research class V A as control class and class V B as experiment class. Data analysis techniques to test the hypothesis in this study using two-party test and one-party test (right-hand test), based on the results of the two-party test obtained values -2,00 ≤ 2.37 ≥ 2,00, if-t tabel ≤ tcount ≥ + t table then Ho is rejected and Ha accepted. It means that there is a significant difference between problem-solving abilities using a project based learning model and using a direct learning model. And based on calculation result of one party test (right side test) got value 1,67 ≤ 2,37, if + ttable ≥ tcount then Ho accepted and Ha rejected,it means that problem solving ability using project based learning model higher than learning using learning model Direct learning.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru, dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V yang menggunakan model project based learning dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung, selanjutnya melihat lebih tinggi kemampuan pemecahan masalah siswa antara yang menggunakan model project based learning dan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equevalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Serang 20 tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. pada penellitian ini kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Teknik analisi data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji- t dua pihak dan uji t satu pihak (uji pihak kanan), berdasarkan hasil perhitungan uji- t dua pihak diperoleh nilai -2,00 ≤ 2,37 ≥ 2,00, jika –ttabel ≤ thitung ≥ +ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model project based learning dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Dan berdasarkan hasil perhitungan uji satu pihak (uji pihak kanan) diperoleh nilai 1,67 ≤ 2,37, jika +ttabel ≥ thitung maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi daripada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran pembelajaran langsung. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:38 | |||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2021 03:38 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2759 |
Actions (login required)
View Item |