Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGARANG NARASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

NOVEMBRINA SETIA FRISKA, YOHANA (2017) PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGARANG NARASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGARANG NARASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Kubang APU Serang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa dan merupakan kegiatan yang kompleks untuk mengungkapkan ide, pikiran, dan perasaan dalam bentuk bahasa tulis. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Kubang Apu Serang masih belum mencapai ketuntasan belajar. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi siswa ketika menulis buku harian dalam bentuk karangan narasi. Kendala-kendala tersebut antara lain kesulitan ketika harus mengungkapkan pikiran dalam bentuk tulisan, kesulitan menulis cerita secara kronologis, kesulitan dalam mengembangkan tulisan yang yang ditandai dengan tidak adanya kepaduan dalam setiap paragrafnya. Sesuai otoritas yang telah diberikan KTSP, dipilihlah metode karyawisata untuk mengatasi permasalahan tersebut karena lingkungan yang dimiliki sekolah memungkinkan untuk penerapannya. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, diterapkanlah metode karyawisata untuk meningkatkan pembelajaran menulis narasi. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar mengarang narasi siswa kelas V SDN Kubang APU Serang dengan menggunakan metode karyawisata. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SDN Kubang APU Serang dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V sebanyak 49 siswa. Penelitian dilakukan kolaboratif antara guru dan peneliti. Dalam penelitian ini, terdapat data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan tes menulis narasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu: 1) Penelaahan, 2) Penilaian dan pengkategorian, 3) Penyimpulan. Hasil penelitan menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II setelah diterapkan metode karyawisata. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, ketuntasan klasikalnya masih rendah. Pada siklus II, dengan memperbaiki beberapa kekurangan yang terdapat dalam siklus I, akhirnya pembelajaran menulis narasi dapat mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah. Ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 79.50%. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai KKM juga bertambah. Jika pada siklus I jumlah siswa mencapai KKM 36 siswa, maka pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 39 siswa. Pada siklus II, tulisan siswa aspek-aspek narasinya lebih tampak sehingga menjadikan nilainya juga semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendracipta, NanaUNSPECIFIED
Thesis advisorSuparni, SuparniUNSPECIFIED
Additional Information: Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa dan merupakan kegiatan yang kompleks untuk mengungkapkan ide, pikiran, dan perasaan dalam bentuk bahasa tulis. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Kubang Apu Serang masih belum mencapai ketuntasan belajar. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi siswa ketika menulis buku harian dalam bentuk karangan narasi. Kendala-kendala tersebut antara lain kesulitan ketika harus mengungkapkan pikiran dalam bentuk tulisan, kesulitan menulis cerita secara kronologis, kesulitan dalam mengembangkan tulisan yang yang ditandai dengan tidak adanya kepaduan dalam setiap paragrafnya. Sesuai otoritas yang telah diberikan KTSP, dipilihlah metode karyawisata untuk mengatasi permasalahan tersebut karena lingkungan yang dimiliki sekolah memungkinkan untuk penerapannya. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, diterapkanlah metode karyawisata untuk meningkatkan pembelajaran menulis narasi. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar mengarang narasi siswa kelas V SDN Kubang APU Serang dengan menggunakan metode karyawisata. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SDN Kubang APU Serang dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V sebanyak 49 siswa. Penelitian dilakukan kolaboratif antara guru dan peneliti. Dalam penelitian ini, terdapat data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan tes menulis narasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu: 1) Penelaahan, 2) Penilaian dan pengkategorian, 3) Penyimpulan. Hasil penelitan menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II setelah diterapkan metode karyawisata. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, ketuntasan klasikalnya masih rendah. Pada siklus II, dengan memperbaiki beberapa kekurangan yang terdapat dalam siklus I, akhirnya pembelajaran menulis narasi dapat mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah. Ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 79.50%. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai KKM juga bertambah. Jika pada siklus I jumlah siswa mencapai KKM 36 siswa, maka pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 39 siswa. Pada siklus II, tulisan siswa aspek-aspek narasinya lebih tampak sehingga menjadikan nilainya juga semakin baik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:32
Last Modified: 13 Oct 2021 03:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2757

Actions (login required)

View Item View Item