Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG TOKOH PAHLAWAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN CIBETOK I

Agam Syahrullah, Idham (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG TOKOH PAHLAWAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN CIBETOK I. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG TOKOH PAHLAWAN NASIONAL~2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This study aims to determine how the influence of the use of pictorial puzzle learning media about national hero characters on the ability to comprehend the concept of students in class V Sdn Cibetok I which according to the findings of the field in the initial data that the writer can the ability of understanding the concept of students in the experimental class before using learning media no more Well before getting treatment. This research is a quasi experimental research using instructional media with research setting in class V Sdn Cibetok I Gunung Kaler District Tangerang Regency with total number of students that is 64 students. Where the test technique performed is pretest and posttest with amount of 6 item pretest is used to get initial data before got treatment and posttest done to get final data each question given in accordance with indicator ability of concept comprehension. While the non-test is in the form of interview observations conducted by the researcher to the classroom teacher before and after the treatment of each class. The results of this study showed that by using the learning media puzzle can boost students' concept of understanding ability can be viewed from the value The experimental class with the value of 60,93 to 69,68 and the mean of control class 54,03 to 60,93 means that both classes have improvement value but experiment class that use learning media better than control class from data of mean value Is enough to be said to meet the minimum completeness criteria set by the teacher and school that is 60. This means that learning media puzzle can improve the ability to understand students' concept of understanding.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuparno, SuparnoUNSPECIFIED
Thesis advisorRahman Hakim, ZerriUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh penggunaan media pembelajaran puzzle bergambar tentang tokoh pahlawan nasional terhadap kemapuan pemahaman konsep siswa di kelas V Sdn Cibetok I yang menurut temuan dilapangan pada data awal yang penulis dapat kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebelum mengunakan media pembelajaran tidak lebih baik sebelum mendapatkan perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran dengan setting penelitian di kelas V Sdn Cibetok I Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang dengan total jumlah siswa yakni 64 siswa. Dimana teknik tes yang dilakukan adalah pretest dan posttest dengan jumlah 6 butir soal pretest digunakan untuk mendapatkan data awal sebelum mendapat perlakuan dan posttest dilakukan untuk mendapatkan data akhir masing masing soal yang diberikan sesuai dengan indikator kemampuan pemahaman konsep. Sedangkan non tes yaitu berupa observasi wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada guru kelas sebelum dan sesudah pemberian perlakuan pada masing-masing kelas.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran puzzle dapat menigkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa hal ini bisa di lihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen dengan nilai 60,93 menjadi 69,68 dan rata rata kelas kontrol 54,03 menjadi 60,93 artinya kedua kelas mengalami perbaikan nilai akan tetapi kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran lebih baik daripada kelas kontrol dari data nilai rata-rata tersebut sudah cukup untuk bisa dikatakan memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang di tetapkan oleh guru dan sekolah yakni 60. Artinya media pembelajaran puzzle bergambar dapat memperbaiki kemampuan pemahaman konsep siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:28
Last Modified: 13 Oct 2021 03:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2755

Actions (login required)

View Item View Item