Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKANMODEL INQUIRY BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Widya Ningsih, Endang (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKANMODEL INQUIRY BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

This aims of this research was to produce a set of learning in the form Syllabus and RPP based on local wisdom using inquiry model toward students’ learning activity on science subjects. This type of research is a development research that refers to 3D development model (Define, Design, Develop). The object of this research is a set of learning in KD sciences subjects 3.7 describes the relation of natural resources, technology and society for students on 4th class of Government elementary school. The instrument used in this research is a set of learning assessment sheet to measure the validity of a set of learning, observation sheet of student learning activities and the assessment of the implementation of learning. The results of this study of a set of learning in the form of syllabus and RPP. (1) Based on the results of feasibility test Learning devices conducted by a team of experts obtained a value of 92.12% with syllabus components obtained 92%, and RPP components obtained 92.25% value with the category "Very Feasible”. (2) Based on the result of activity observation sheets obtained by percentage 76.2% with the category "Good", and teacher's appraisal to the implementation of learning obtained value 96% with category "Very Good"

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHenracipta, NanaUNSPECIFIED
Thesis advisorAndriana, EncepUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis kearifan lokal menggunakan model inquiry terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan 3D ( Define, Design, Develop ). Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran pada KD IPA 3.7 mendeskripsikan hubungan sumber daya alam, teknologi dan masyarakat untuk siswa kelas IV SD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPP. (1) Berdasarkan hasil uji kelayakan Perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh tim ahli diperoleh nilai 92.12% dengan komponen silabus diperoleh nilai 92% dan komponen RPP diperoleh nilai 92.25% dengan kategori “Sangat Layak”. (2) Berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas siswa diperoleh persentase 76.2% dengan kriteria “Baik”, dan penilaian guru terhadap keterlaksanaan pembelajaran diperoleh nilai 96% dengan kategori “Sangat Baik”.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:47
Last Modified: 13 Oct 2021 02:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2746

Actions (login required)

View Item View Item