Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN PTERIDOPHYTA DI PULAU TUNDA SEBAGAI BAHAN AJAR PADA SUBKONSEP TUMBUHAN PAKU

AGUNG SANTOSO, MOH. (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN PTERIDOPHYTA DI PULAU TUNDA SEBAGAI BAHAN AJAR PADA SUBKONSEP TUMBUHAN PAKU. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN PTERIDOPHYTA DI PULAU TUNDA SEBAGAI BAHAN AJAR PADA SUBKONSEP TUMBUHAN PAKU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

This research aimed to develop the Contextual Student’s Worksheet (LKS) based on the results of Pteridophytes diversity research at Tunda Island. This research was done by using the research and development (R&D) method with 4- D design that consists of: Define, Design, Develop, and Disseminate, but only applied on the revision of the initial product after validation experts on develop stage. This research was conducted in September 2016 until July 2017 at Tunda Island and Sultan Ageng Tirtayasa University. The Contextual Student’s Worksheet was developed contains seven principles of contextual learning: i.e. constructivism, questioning, inquiry, learning community, modelling, reflection and authentic assessment. The Contextual Student”s Worksheet was assessed by two experts each consisting of material and media experts and got feasibility value of 82.2% with very feasible category.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAmelia, EviUNSPECIFIED
Thesis advisorEkanara, BambangUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual berdasarkan hasil penelitian keanekaragaman tumbuhan paku di Pulau Tunda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain penelitian 4-D yang terdiri dari: Define, Design, Develop, dan Disseminate, namun hanya dilakukan sampai tahap revisi produk awal setelah validasi ahli pada tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada bulan september 2016 sampai bulan juli 2017 di Pulau Tunda dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. LKS berbasis kontekstual yang dikembangkan memuat tujuh prinsip pembelajaran kontekstual yaitu konstruktivisme, bertanya, inkuiri, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Penilaian terhadap LKS berbasis kontekstual dilakukan oleh dua ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli media dan memperoleh nilai ratarata sebesar 82,2 % dengan kategori sangat layak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:31
Last Modified: 13 Oct 2021 02:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item