Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DEMONSTRASI DAN MODEL BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN DRAMA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM BERMAIN DRAMA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 JAWILAN

Apriyani, Apriyani (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DEMONSTRASI DAN MODEL BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN DRAMA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM BERMAIN DRAMA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 JAWILAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DEMONSTRASI DAN MODEL BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN DRAMA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM BERM~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan penelitian Mendeskripsikan pengaruh Penggunaan Model demonstrasi dan bermain peran (role playing) dalam Pembelajaran Drama terhadap Kemampuan Bermain Drama siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jawilan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Jawilan. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI Ipa 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Ips 1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka diperoleh kesimpulan yaitu penggunaan model pemelajaran bermain peran (role playing)berpengaruh terhadap kemampuan bermain drama. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada saat pretest sebesar 16,7 dan pada saat posttest menjadi 16,5 atau mengalami kenaikan sebesar 0,2. Penggunaan model pemelajaran demonstrasi memiliki pengaruh terhadap kemampuan bermain drama siswa dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada saat pretest sebesar 15,75 dan pada saat posttest menjadi 16,65 atau mengalami kenaikan sebesar 0,75. Selain itu, penggunaan model pembelajaran demonstrasi dan bermain peran (role playing) berpengaruh terhadap kemampuan bermain peran siswa dalam drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jawilan. Dengan perbedaan dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kontrol yang berselisih 0,15 poin dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol 16,65 > 16,5. Maka pembelajaran drama yang menggunakan model demosntrasi dan moel bermain peran, lebih baik menggunakan model demonstrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, TatuUNSPECIFIED
Thesis advisorSalpa Riansi, ErwinUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini memiliki tujuan penelitian Mendeskripsikan pengaruh Penggunaan Model demonstrasi dan bermain peran (role playing) dalam Pembelajaran Drama terhadap Kemampuan Bermain Drama siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jawilan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Jawilan. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI Ipa 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Ips 1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka diperoleh kesimpulan yaitu penggunaan model pemelajaran bermain peran (role playing)berpengaruh terhadap kemampuan bermain drama. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada saat pretest sebesar 16,7 dan pada saat posttest menjadi 16,5 atau mengalami kenaikan sebesar 0,2. Penggunaan model pemelajaran demonstrasi memiliki pengaruh terhadap kemampuan bermain drama siswa dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada saat pretest sebesar 15,75 dan pada saat posttest menjadi 16,65 atau mengalami kenaikan sebesar 0,75. Selain itu, penggunaan model pembelajaran demonstrasi dan bermain peran (role playing) berpengaruh terhadap kemampuan bermain peran siswa dalam drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jawilan. Dengan perbedaan dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kontrol yang berselisih 0,15 poin dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol 16,65 > 16,5. Maka pembelajaran drama yang menggunakan model demosntrasi dan moel bermain peran, lebih baik menggunakan model demonstrasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:08
Last Modified: 13 Oct 2021 02:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2727

Actions (login required)

View Item View Item