Antonio Banderas, Al Deko (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN TRANSAKSI BELANJA PADA TIKTOK SHOP MENGGUNAKAN MODEL E-SERVQUAL. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text (Fulltext)
AL DEKO ANTONIO BANDERAS_3333190001_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text (Cover)
AL DEKO ANTONIO BANDERAS_3333190001_01.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
AL DEKO ANTONIO BANDERAS_3333190001_02.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
![]() |
Text (Bab 3)
AL DEKO ANTONIO BANDERAS_3333190001_03.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
AL DEKO ANTONIO BANDERAS_3333190001_04.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab 5)
AL DEKO ANTONIO BANDERAS_3333190001_05.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
Text (Bab 6)
AL DEKO ANTONIO BANDERAS_3333190001_06.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
AL DEKO ANTONIO BANDERAS_3333190001_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
AL DEKO ANTONIO BANDERAS_3333190001_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Check Plagiarisme)
AL DEKO ANTONIO BANDERAS_3333190001_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
Abstract
Pasca pandemi Covid-19 di Indonesia dan dengan berkembangnya teknologi informasi, jual beli perlahan dilakukan secara online. TikTok Shop saat ini menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam melakukan pembelian produk secara online. Berdasarkan hasil studi lapangan dan wawancara dengan beberapa narasumber peneliti menemukan beberapa keluhan yang terjadi selama menggunakan TikTok Shop seperti pengguna merasakan kebingungan tentang user-interface yang terlalu ramai, metode pembayaran yang tidak familiar, barang yang dikirim tidak sesuai dengan deskripsi, tidak dapat memilih jasa pengiriman produk. Penelitian ini menggunakan metode mix methods. Penelitian ini dengan e-servqual dimulai dari perhitungan gap dan importance performance analysis kemudian dilanjutkan rekomendasi perbaikan dengan melakukan wawancara dan observasi pada aplikasi sejenis. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang dan merupakan masyarakat Kota Tangerang. Berdasarkan perhitungan gap didapatkan nilai (-)2,57, artinya saat ini pengguna TikTok Shop belum puas terhadap layanan yang diberikan TikTok Shop. Dari hasil importance performance analysis atribut yang menjadi prioritas perbaikan yaitu V2, V11, V12, V15 dan V33. Usulan perbaikan yang dilakukan yaitu perbaikan pada website TikTok Shop agar bisa digunakan untuk buyer maupun seller, memisahkan fitur live antara sosial media dan TikTok Shop, penggunaan bahasa dalam aplikasi sesuai dengan wilayah pengguna, TikTok Shop seharusnya dapat memfilter video, toko maupun live sesuai dengan kata kunci pencarian pengguna, TikTok Shop seharusnya bisa memberikan kewenangan kepada pengguna untuk memilih jasa pengiriman yang diinginkan, TikTok Shop seharusnya bekerjasama dengan penyedia jasa pengiriman yang dapat menjangkau seluruh area (sesuai region pengguna), TikTok Shop seharusnya menetapkan pembayaran tunai di gerai (Alfamart, Indomaret, dll) sebagai pilihan pasti dalam metode pembayaran, TikTok Shop kedepannya harus menjalin kerjasama dengan Bank-Bank yang ada di Indonesia, TikTok Shop memberikan layanan customer service selama 24 jam.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Pasca pandemi Covid-19 di Indonesia dan dengan berkembangnya teknologi informasi, jual beli perlahan dilakukan secara online. TikTok Shop saat ini menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam melakukan pembelian produk secara online. Berdasarkan hasil studi lapangan dan wawancara dengan beberapa narasumber peneliti menemukan beberapa keluhan yang terjadi selama menggunakan TikTok Shop seperti pengguna merasakan kebingungan tentang user-interface yang terlalu ramai, metode pembayaran yang tidak familiar, barang yang dikirim tidak sesuai dengan deskripsi, tidak dapat memilih jasa pengiriman produk. Penelitian ini menggunakan metode mix methods. Penelitian ini dengan e-servqual dimulai dari perhitungan gap dan importance performance analysis kemudian dilanjutkan rekomendasi perbaikan dengan melakukan wawancara dan observasi pada aplikasi sejenis. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang dan merupakan masyarakat Kota Tangerang. Berdasarkan perhitungan gap didapatkan nilai (-)2,57, artinya saat ini pengguna TikTok Shop belum puas terhadap layanan yang diberikan TikTok Shop. Dari hasil importance performance analysis atribut yang menjadi prioritas perbaikan yaitu V2, V11, V12, V15 dan V33. Usulan perbaikan yang dilakukan yaitu perbaikan pada website TikTok Shop agar bisa digunakan untuk buyer maupun seller, memisahkan fitur live antara sosial media dan TikTok Shop, penggunaan bahasa dalam aplikasi sesuai dengan wilayah pengguna, TikTok Shop seharusnya dapat memfilter video, toko maupun live sesuai dengan kata kunci pencarian pengguna, TikTok Shop seharusnya bisa memberikan kewenangan kepada pengguna untuk memilih jasa pengiriman yang diinginkan, TikTok Shop seharusnya bekerjasama dengan penyedia jasa pengiriman yang dapat menjangkau seluruh area (sesuai region pengguna), TikTok Shop seharusnya menetapkan pembayaran tunai di gerai (Alfamart, Indomaret, dll) sebagai pilihan pasti dalam metode pembayaran, TikTok Shop kedepannya harus menjalin kerjasama dengan Bank-Bank yang ada di Indonesia, TikTok Shop memberikan layanan customer service selama 24 jam. | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce T Technology > T Technology (General) |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri |
|||||||||
Depositing User: | Mr Al Deko Antonio Banderas | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2023 13:43 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2023 13:43 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/27201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |