Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN INTOLERANSI AKTIVITAS PADA PENDERITA CONGESTIVE HEART FAILURE (CHF) DENGAN TINDAKAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SEHARI–HARI (ACTIVITY OF DAILY LIVING) DI RUMAH SAKIT dr. DRAJAT PRAWIRANEGARA SERANG

Febrianti, Dwini (2023) ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN INTOLERANSI AKTIVITAS PADA PENDERITA CONGESTIVE HEART FAILURE (CHF) DENGAN TINDAKAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SEHARI–HARI (ACTIVITY OF DAILY LIVING) DI RUMAH SAKIT dr. DRAJAT PRAWIRANEGARA SERANG. D3 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (KARYA TULIS ILMIAH)
KTI DWINI (1) (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (KARYA TULIS ILMIAH)
8801200001_BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (KARYA TULIS ILMIAH)
BAB 2 KTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (KARYA TULIS ILMIAH)
BAB 3 KTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (KARYA TULIS ILMIAH)
BAB 4 KTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (KARYA TULIS ILMIAH)
BAB 5 KTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (KARYA TULIS ILMIAH)
DAFTAR PUSTAKA KTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (KARYA TULIS ILMIAH)
LAMPIRAN KTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)

Abstract

Congestive Hearth Failure (CHF) adalah suatu kondisi dimana jantung tidak dapat memompakan darah secara adekuat untuk memenuhi kebutuhan oksigen serta nutrisi. Congestive Hearth Failure (CHF) merupakan penyakit penyebab kematian terbanyak kedua di Indonesia setelah stroke. Jumlah kasus Congestive Hearth Failure (CHF) yang di rawat inap di Indonesia, khususnya di Provinsi Banten pada tahun 2015 menunjukkan sebanyak kurang lebih 1.500 jiwa. Masalah keperawatan yang biasa timbul di penderita Congestive Hearth Failure (CHF) adalah berkurangnya pasokan oksigen ke jaringan sehingga tubuh mengalami kelemahan atau intoleransi aktivitas (Rizqi, 2022). Akibat dari intoleransi aktivitas ini bila tidak ditangani akan menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan–kebutuhan pasien serta terjadi kekakuan otot. Asuhan keperawatan pada pasien Congestive Hearth Failure (CHF) yang mengalami masalah intoleransi aktivitas yaitu membantu pasien untuk mengidentifikasi dan menentukan kegiatan yang bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan fisik, psikologi, serta sosial. Tujuan, dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran tindakan pemenuhan kebutuhan sehari-hari (Activity of Daily Living) dapat mengatasi masalah Intoleransi Aktivitas pada pasien Congestive Hearth Failure (CHF) di ruang mawar RSUD Dr. Drajat Prawiranegara. Asuhan keperawatan, Karya tulis ilmiah ini memuat asuhan keperawatan dengan tahap pengkajian, perumusan diagnosa, perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Diagnosa yang diambil dalam penelitian ini adalah intoleransi aktivitas b.d kelemahan. Metode, dalam penelitian ini menggunakan studi kasus, sampel sebanyak 2 pasien, pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, mereduksi data, serta penyajian data. Dan analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil, ditemukan data pada Tn. B dan Tn. T dengan keluhan sesak nafas yang mengakibatkan kelemahan saat melakukan aktivitas. Inntervensi yang dilakukan adalah melakukan manajemen energi. Setelah dilakukan implementasi selama 3 hari masalah intoleransi aktivitas dapat teratasi.

Item Type: Thesis (D3)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAmaliyah, Eli196911211988112001
Thesis advisorRachmatullah, Rizky20220103215
Additional Information: Congestive Hearth Failure (CHF) adalah suatu kondisi dimana jantung tidak dapat memompakan darah secara adekuat untuk memenuhi kebutuhan oksigen serta nutrisi. Congestive Hearth Failure (CHF) merupakan penyakit penyebab kematian terbanyak kedua di Indonesia setelah stroke. Jumlah kasus Congestive Hearth Failure (CHF) yang di rawat inap di Indonesia, khususnya di Provinsi Banten pada tahun 2015 menunjukkan sebanyak kurang lebih 1.500 jiwa. Masalah keperawatan yang biasa timbul di penderita Congestive Hearth Failure (CHF) adalah berkurangnya pasokan oksigen ke jaringan sehingga tubuh mengalami kelemahan atau intoleransi aktivitas (Rizqi, 2022). Akibat dari intoleransi aktivitas ini bila tidak ditangani akan menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan–kebutuhan pasien serta terjadi kekakuan otot. Asuhan keperawatan pada pasien Congestive Hearth Failure (CHF) yang mengalami masalah intoleransi aktivitas yaitu membantu pasien untuk mengidentifikasi dan menentukan kegiatan yang bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan fisik, psikologi, serta sosial. Tujuan, dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran tindakan pemenuhan kebutuhan sehari-hari (Activity of Daily Living) dapat mengatasi masalah Intoleransi Aktivitas pada pasien Congestive Hearth Failure (CHF) di ruang mawar RSUD Dr. Drajat Prawiranegara. Asuhan keperawatan, Karya tulis ilmiah ini memuat asuhan keperawatan dengan tahap pengkajian, perumusan diagnosa, perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Diagnosa yang diambil dalam penelitian ini adalah intoleransi aktivitas b.d kelemahan. Metode, dalam penelitian ini menggunakan studi kasus, sampel sebanyak 2 pasien, pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, mereduksi data, serta penyajian data. Dan analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil, ditemukan data pada Tn. B dan Tn. T dengan keluhan sesak nafas yang mengakibatkan kelemahan saat melakukan aktivitas. Inntervensi yang dilakukan adalah melakukan manajemen energi. Setelah dilakukan implementasi selama 3 hari masalah intoleransi aktivitas dapat teratasi.
Uncontrolled Keywords: Congestive Heart Failure (CHF), activity intolerance, fulfillment of daily needs (Activity of Daily Living). Congestive Hearth Failure (CHF), intoleransi aktivitas, pemenuhan kebutuhan sehari–hari (Activity of Daily Living)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 07-Fakultas Kedokteran > 14401-Prodi Keperawatan D3
07-Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mrs Dwini Febrianti
Date Deposited: 27 Jul 2023 11:51
Last Modified: 25 Aug 2023 10:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/27135

Actions (login required)

View Item View Item