Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KARAKTERISTIK PEMBALUT LUKA DARI RUMPUT LAUT SARGASSUM SP. DENGAN PENAMBAHAN KARAGENAN DAN GLISEROL

Kristina Hendrawan, Laila and Azhari, Fadilla (2023) ANALISIS KARAKTERISTIK PEMBALUT LUKA DARI RUMPUT LAUT SARGASSUM SP. DENGAN PENAMBAHAN KARAGENAN DAN GLISEROL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Laila Kristina Hendrawan_3335190105_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
Laila Kristina Hendrawan_3335190105_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] Text (Bab 2)
Laila Kristina Hendrawan_3335190105_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (Bab 3)
Laila Kristina Hendrawan_3335190105_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (Bab 4)
Laila Kristina Hendrawan_3335190105_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (Bab 5)
Laila Kristina Hendrawan_3335190105_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Laila Kristina Hendrawan_3335190105_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (Lampiran)
Laila Kristina Hendrawan_3335190105_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Plagiasi)
Laila Kristina Hendrawan_3335190105_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sargassum sp. memiliki berbagai potensi dan bahan aktif yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya dalam bidang medis. Kandungan alginat pada Sargassum sp. dapat pula dimanfaatkan sebagai pembalut luka dikarenakan sifatnya antihemolitik, anti bakteri serta meningkatkan penyembuhan luka. Tujuan dari penambahan karagenan pada pembuatan pembalut luka adalah dapat meningkatkan struktur produk yang dibuat sesuai dengan kriteria pembalut luka, diantaranya yaitu harus dapat mengatur kelembaban pada luka karena proses penyembuhan luka akan terjadi lebih efektif dan cepat apabila pada kondisi luka dipertahankan kelembabannya. Penambahan gliserol pada penelitian ini dapat meningkatkan karakteristik dari pembalut luka yaitu pada sifat fleksibilitasnya sehingga pembalut luka tidak mudah robek. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pembuatan pembalut luka dari natrium alginat dengan penambahan karagenan dan gliserol dan tahapan pengujian berupa uji ketahanan gel dan membran, uji pH pada gel dan membran, uji homogenitas, uji kadar air, uji swelling, uji tensile strength serta uji FT-IR. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa setiap variasi penambahan karagenan dan gliserol memiliki karakteristik yang berbeda. Variasi terbaik dari penelitian ini yaitu pada penambahan karagenan sebanyak 0,75 gram dan gliserol sebanyak 25 ml. Penggunaan membran hidrogel alginat efektif digunakan sebagai pembalut luka. Hal ini dapat dilihat dari berbagai pengujian membran khususnya pengujian swelling sebagai penyerapan eksudat luka serta pengujian kekuatan membran agar membran tidak mudah rusak.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKARTIKA SARI, DENNI19821142008122002
Additional Information: Sargassum sp. memiliki berbagai potensi dan bahan aktif yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya dalam bidang medis. Kandungan alginat pada Sargassum sp. dapat pula dimanfaatkan sebagai pembalut luka dikarenakan sifatnya antihemolitik, anti bakteri serta meningkatkan penyembuhan luka. Tujuan dari penambahan karagenan pada pembuatan pembalut luka adalah dapat meningkatkan struktur produk yang dibuat sesuai dengan kriteria pembalut luka, diantaranya yaitu harus dapat mengatur kelembaban pada luka karena proses penyembuhan luka akan terjadi lebih efektif dan cepat apabila pada kondisi luka dipertahankan kelembabannya. Penambahan gliserol pada penelitian ini dapat meningkatkan karakteristik dari pembalut luka yaitu pada sifat fleksibilitasnya sehingga pembalut luka tidak mudah robek. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pembuatan pembalut luka dari natrium alginat dengan penambahan karagenan dan gliserol dan tahapan pengujian berupa uji ketahanan gel dan membran, uji pH pada gel dan membran, uji homogenitas, uji kadar air, uji swelling, uji tensile strength serta uji FT-IR. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa setiap variasi penambahan karagenan dan gliserol memiliki karakteristik yang berbeda. Variasi terbaik dari penelitian ini yaitu pada penambahan karagenan sebanyak 0,75 gram dan gliserol sebanyak 25 ml. Penggunaan membran hidrogel alginat efektif digunakan sebagai pembalut luka. Hal ini dapat dilihat dari berbagai pengujian membran khususnya pengujian swelling sebagai penyerapan eksudat luka serta pengujian kekuatan membran agar membran tidak mudah rusak.
Uncontrolled Keywords: Alginat, Karagenan, Gliserol, Membran Pembalut Luka
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Mrs Laila Kristina Hendrawan
Date Deposited: 24 Jul 2023 09:44
Last Modified: 27 Jul 2023 13:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/27055

Actions (login required)

View Item View Item