Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KAPABILITAS PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM BERBASIS AGRIBISNIS DI KABUPATEN TANGERANG

DIAH ARUMSARI, SILVIA (2023) PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KAPABILITAS PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM BERBASIS AGRIBISNIS DI KABUPATEN TANGERANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
BAB II_SILVIA DIAH ARUMSARI_ 7779190004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB III_SILVIA DIAH ARUMSARI_ 7779190004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV_SILVIA DIAH ARUMSARI_ 7779190004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V_SILVIA DIAH ARUMSARI_ 7779190004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
REFRENSI_DAFTAR PUSTAKA_SILVIA DIAH ARUMSARI_ 7779190004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN_SILVIA DIAH ARUMSARI_ 7779190004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Fulltext_SILVIA DIAH ARUMSARI_ 7779190004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I-REFERENCES-DAFTAR PUSTAKA_SILVIA DIAH ARUMSARI_ 7779190004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The increase in the number of MSMEs during the Covid pandemic in 2018 - 2021 is in contrast to the value of regional original income (PAD) in 2019 - 2020 which decreased. Data obtained from Tangerang Regency in numbers shows that the amount of PAD in 2018 was Rp. 2,872,568,512.69 decreased in 2019 to Rp. 2,806,539,756.44 and its value decreased again in 2020 to Rp. 2,500,580,661.48 . The drastic decline in regional original income from 2018 to 2020 indicates that there are problems in the development of agribusiness-based MSMEs in Tangerang Regency. This study aims to analyze market orientation, entrepreneurial orientation, marketing capability on marketing performance in agribusiness-based SMEs in Tangerang Regency. The research was structured as explanatory research with a quantitative approach using descriptive analysis with smartPLS software, while the analytical method used Structural Equation Modeling (SEM) with a total of 89 MSME respondents in Pasarkemis and Rajeg sub-districts. Based on the results of data processing on the agribusiness-based MSME marketing performance model in Tangerang Regency, it can be concluded that market orientation has no direct effect on marketing capability. What directly influences marketing capability is the entrepreneurial orientation variable, the indicators for the entrepreneurial orientation variable that have the most influence are innovation, proactivity, risk taking, and autonomy. Market orientation and entrepreneurial orientation have a direct effect on marketing performance indicators on market orientation variables that give influence are customer orientation and coordination between functions. The managerial implications that can be suggested by this research are policies that focus on customer orientation towards MSME actors. This study provides several research limitations that can be carried out in further research.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMeutia, Meutia1972082822003122001
Thesis advisorMulyaningsih, Asih197509042006042001
Additional Information: Meningkatnya jumlah pelaku UMKM pada masa pandemi Covid pada tahun 2018 - 2021 bertolak belakang dengan nilai pendapatan asli daerah (PAD) pada tahun 2019 - 2020 yang menurun. Data yang diperoleh dari Kabupaten Tangerang dalam angka menunjukkan bahwa jumlah PAD pada tahun 2018 sebesar Rp.2.872.568.512,69 menurun pada tahun 2019 sebesar Rp.2.806.539.756,44 dan nilainya turun lagi pada tahun 2020 sebesar Rp.2.500.580.661,48. Turunnya pendapatan asli daerah dari tahun 2018 hingga 2020 secara drastis mengindikasikan bahwa terdapat persoalan dalam perkembangan UMKM berbasis agribisnis di Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, kapabilitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UMKM berbasis agribisnis di Kabupaten Tangerang. Penelitian disusun sebagai penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dengan software smartPLS, sedangkan metode analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan jumlah responden 89 UMKM di kecamatan Pasarkemis dan Rajeg. Berdasarkan hasil pengolahan data pada model kinerja pemasaran UMKM berbasis agribisnis di Kabupaten Tangerang, dapat disimpulkan bahwa orientasi pasar tidak berpengaruh langsung terhadap kapabilitas pemasaran. Yang berpengaruh langsung terhadap kapabilitas pemasaran adalah variabel orientasi kewirausahaan, indikator pada variabel orientasi kewirausahaan yang paling memberikan pengaruh adalah inovasi, proaktif, berani mengambil resiko, dan otonomi. Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran indikator pada variabel orientasi pasar yang memberikan pengaruh adalah orientasi pelanggan dan koordinasi antar fungsi. Implikasi manajerial yang dapat disarankan oleh penelitian ini adalah kebijakan yang menitikberatkan pada oerintasi pelanggan pada pelaku UMKM. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan.
Uncontrolled Keywords: Market orientation, agribusiness, marketing capability, market performance Orientasi pasar, agribisnis, kapabilitas pemasaran, kinerja pasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 54108-Magister Ilmu Pertanian
Depositing User: Mrs SILVIA DIAH ARUMSARI
Date Deposited: 25 Jul 2023 10:05
Last Modified: 25 Jul 2023 10:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/26980

Actions (login required)

View Item View Item