Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Representasi Karakteristik Orang Asia Sebagai Upaya Stop Asian Hate (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film Minari)

Ayu, Murtika (2023) Representasi Karakteristik Orang Asia Sebagai Upaya Stop Asian Hate (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film Minari). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Murtika Ayu_6662180090_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img] Text (SRIPSI)
Murtika Ayu_6662180090_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Murtika Ayu_6662180090_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Murtika Ayu_6662180090_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Murtika Ayu_6662180090_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Murtika Ayu_6662180090_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Murtika Ayu_6662180090_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Murtika Ayu_6662180090_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

ABSTRAK MURTIKA AYU. 6662180090. REPRESENTASI KARAKTERISTIK ORANG ASIA SEBAGAI UPAYA STOP ASIAN HATE (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film Minari). Skripsi. Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultang Ageng Tirtayasa. 2022. Penelitian ini membahas representasi karakteristik orang Asia sebagai upaya Stop Asian Hate dalam film Minari. Stop Asian Hate merupakan seruan yang digunakan untuk menanggapi tindakan kekerasan terhadap orang Asia-Amerika. Fenomena Stop Asian Hate dapat dikategorikan sebagai isu sosial yang dalam bentuk penyuaraannya dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti penggunaan media film. Film merupakan salah satu bagian dari media massa yang dalam pembuatannya seringkali terinspirasi dari peristiwa dan juga fenomena nyata. Penelitian ini bertujuan mencari makna konotasi, denotasi, dan mitos nilai-nilai perdamaian pada simbol-simbol Stop Asian Hate yang ada dalam film Minari. Penelitan dilakukan dengan menganalisis serta memaknai setiap tanda yang ada dalam film tersebut, dengan menggunakan semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif guna mengeksplorasi suatu pesan dan makna tersembunyi dalam tayangan film Minari. Objek penelitian adalah scene-scene pada film Minari, dengan unit análisis berjumlah 32 Scene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna denotasi direpensentasikan berupa peran orang Asia yang lebih ditonjolkan dalam segala peristiwa dan pengambilan keputusan guna memerangi isu diskriminasi yang ada. Makna konotasi berupa beberapa adegan film yang ditampilkan memiliki makna secara tidak langsung dari penyuaraan Stop Asian Hate. Dan yang terakhir ialah mitos yang direpresentasikan dalam bentuk simbol-simbol yang berkaitan dengan upaya pemutusan gerakan Anti-Asia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDwianna, Mia197104222006041002
Thesis advisorNurjuman, Husnan197808252010121003
Additional Information: Penelitian ini membahas representasi karakteristik orang Asia sebagai upaya Stop Asian Hate dalam film Minari. Stop Asian Hate merupakan seruan yang digunakan untuk menanggapi tindakan kekerasan terhadap orang Asia-Amerika. Fenomena Stop Asian Hate dapat dikategorikan sebagai isu sosial yang dalam bentuk penyuaraannya dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti penggunaan media film. Film merupakan salah satu bagian dari media massa yang dalam pembuatannya seringkali terinspirasi dari peristiwa dan juga fenomena nyata. Penelitian ini bertujuan mencari makna konotasi, denotasi, dan mitos nilai-nilai perdamaian pada simbol-simbol Stop Asian Hate yang ada dalam film Minari. Penelitan dilakukan dengan menganalisis serta memaknai setiap tanda yang ada dalam film tersebut, dengan menggunakan semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif guna mengeksplorasi suatu pesan dan makna tersembunyi dalam tayangan film Minari. Objek penelitian adalah scene-scene pada film Minari, dengan unit análisis berjumlah 32 Scene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna denotasi direpensentasikan berupa peran orang Asia yang lebih ditonjolkan dalam segala peristiwa dan pengambilan keputusan guna memerangi isu diskriminasi yang ada. Makna konotasi berupa beberapa adegan film yang ditampilkan memiliki makna secara tidak langsung dari penyuaraan Stop Asian Hate. Dan yang terakhir ialah mitos yang direpresentasikan dalam bentuk simbol-simbol yang berkaitan dengan upaya pemutusan gerakan Anti-Asia.
Uncontrolled Keywords: Representasi, Rasisme, Stop Asian Hate, Film, Media Massa, Semiotika, Denotasi, Konotasi, Mitos.
Subjects: Communication > Science Journalism
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Jul 2023 09:49
Last Modified: 21 Jul 2023 09:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/26960

Actions (login required)

View Item View Item