Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PEMILIHAN MINIMARKET WARALABA UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KOPERASI RUSAMAS DENGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

TRESNA LUKMAN H., ASEP (2015) ANALISIS PEMILIHAN MINIMARKET WARALABA UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KOPERASI RUSAMAS DENGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS PEMILIHAN MINIMARKET WARALABA UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KOPERASI RUSAMAS DENGAN METODE T2.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Pemilihan Minimarket Waralaba Untuk Pengembangan Usaha Koperasi Rusamas Dengan Metode TOPSIS Penulis : Asep Tresna Lukman H. NIM : 3333051255 Pembimbing I : Achmad Bahauddin, ST., MT. Pembimbing II : Ratna Ekawatti, ST., MT. Koperasi RUSAMAS merupakan koperasi karyawan PT.INDONESIA POWER yang memiliki bidang usaha simpan pinjam, konsumen dan jasa. Dalam bidang konsumen koperasi ini memiliki dua unit toko yang telah berjalan, dan dalam rangka mengembangkan usaha ini koperasi Rusamas berencana menjalin kerja sama dengan perusahaan retail waralaba. Dalam proses pemilihan perusahaan waralaba ditetapkan beberapa alternatif pilihan yaitu Indomaret, AlfaExpres, Madani Mart dan OmiMart. Tujuan dari penelitian ini yaitu mencari kriteria yang dipertimbangkan didalam pemilihan perusahaan penyedia usaha retail waralaba, menentukan bobot masing-masing kriteria dan melihat bobot mana yang memiliki nilai terbesar serta mencari alternatif terbaik bagi koperasi Rusamas. Dalam rangka mencari alternatif mana yang paling tepat sebagai alternatif pilihan bagi koperasi Rusamas digunakan metode TOPSIS yang merupakan salah satu metode dalam pengambilan keputusan multi kriteria. Kriteria yang digunakan adalah nilai investasi, sistem kerjasama, kelengkapan produk, sistem suplai produk, harga produk dan branding perusahaan pewaralaba. Untuk mendapatkan nilai bobot setiap kriteria maka digunakan metode Entropy. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengolahan data dengan metode TOPSIS untuk mendapatkan urutan alternatif pilihan yang diprioritaskan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka bobot masing-masing kriteria adalah 0.33 untuk nilai investasi, kelengkapan produk, dan branding. Sedangkan untuk bobot sistem kerjasama, sistem suplai produk, harga produk bernilai 0. Nilai preferensi untuk masing-masing alternatif yaitu Indomaret sebesar 0.68, OmiMart sebesar 0.65, AlfaExpress sebesar 0.42 dan MadaniMart sebesar 0.21. Kata Kunci :, Metode Entropy, Metode TOPSIS, Perusahaan Retail Waralaba.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBahauddin, Achmad197812212005011002
Thesis advisorEkawati, Ratna198012292008012012
Uncontrolled Keywords: Metode Entropy, Metode TOPSIS, Perusahaan Retail Waralaba.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:16
Last Modified: 25 Oct 2021 05:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2661

Actions (login required)

View Item View Item