Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SKRIPSI ANALISIS NOVEL SANG PENCERAH BERDASARKAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN ALTERNATIF DI SMA

Aelisah, Elis (2015) SKRIPSI ANALISIS NOVEL SANG PENCERAH BERDASARKAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN ALTERNATIF DI SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS NOVEL SANG PENCERAH BERDASARKAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN 2.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS NOVEL SANG PENCERAH BERDASARKAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN ALTERNATIF DI SMA Oleh ELIS AELISAH NIM 103196 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) kenyataan bahwa permasalahan kehidupan sosial yang terdapat dalam novel Sang Pencerah merupakan hal yang menarik untuk dijadikan bahan bacaan dalam pandangan hidup setiap pembaca. (2) kuatnya nilai semangat perjuangan dalam novel Sang Pencerah dalam mencapai keberhasilan yang dikemas dalam sejarah yang menjadikan pelajaran pada masa kini tentang toleransi, dan semanagat perubahan yang diangkat melalui nilai-nilai sosial, budaya, agama, dan pendidikan moral yang terdapat didalamnya. Hal demikian yang menjadikan daya tarik pembaca, terutama peneliti untuk dikaji. Telaah refleksi nilai tersebut terdapat dalam pendekatan karya sastra yaitu sosiologi sastra. Sosiologi sastra merupakan suatu pendekatan dalam kajian sastra yang memahami dan menilai karya sastra dengan mempertimbangkan segi-segi kemasyarakatan sosial. Dengan demikian rumusan masalah pada pnelitian ini adalah (1) Bagaimana nilai moral, politik, pendidikan, dan agama pada novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. (2) Apakah hasil analisis dapat dijadikan bahan pembelajaran alternatif di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan nilai moral, politik, pendidikan dan agama yang terdapat pada novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. (2) Mendeskripsikan hasil analisis untuk dijadikan bahan pembelajaran alternatif di SMA. Penelitian ini menggunakan analisis konten, analisis konten merupakan model kajian sastra dalam upaya pemahaman karya sastra dari aspek ekstrinsik. Aspek-aspek tersebut meliputi: nilai moral, nilai politik, nilai pendidikan, dan nilai agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif . metode ini diawali dengan mengumpulkan data, mengklasifikasikan data, lalu merumuskan kaidah-kaidah terhadap keteraturan yang tepat, maka metode kualitatif deskriptif tepat digunakan dalam analisis ini. Pertama membaca novel Sang Pencerah, kedua menganalisis isi novel Sang Pencerah dengan mencari nilai moral, politik, pendidikan dan agama yang tersirat dalam novel. Sumber data penelitian ini adalah novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral, penerbit Mizan Pustaka 2010. Sedangkan data dalam penelitian ini adalah analisis sosiologi sastra dalam novel Sang Pencerah berdasarkan pendekatan sosiologi sastra sebagai cerminan masyarakat yang terdiri dari niali moral, politik, pendidikan, dan agama. Akhirnya berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) ditemukan enam nilai moral, tiga nilai politik, dua nilai pendidikan, dan tujuh nilai agama. (2) novel Sang Pencerah dapat dijadikan bahan Pembelajaran Alternatif di SMA karena sudah memenuhi kriteria bahan ajar pembelajaran sastra yang telah disesuaikan berdasarkan aspek bahasa, aspek psikologis, dan aspek latar belakang budaya. KATA KUNCI : Sosiologi Sastra, Novel, Bahan Ajar

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirmansyah, Dodi197611242001121002
Thesis advisorHadiansyah, Firman198009022006041004
Uncontrolled Keywords: Sosiologi Sastra, Novel, Bahan Ajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:17
Last Modified: 25 Oct 2021 05:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item View Item