ROHMANI, YUNI (2015) ANALISIS MAKSIM KERJA SAMA GRICE PADA NASKAH DRAMA ANAK WAYANG KARYA M. J. WIJAYA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA KELAS IX SMP. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
ANALISIS MAKSIM KERJA SAMA GRICE PADA NASKAH DRAMA ANAK WAYANG KARYA M. J. WIJAYA DAN RENCANA PEL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Yuni Rohmani. NIM 22209147. 2015. Analisis Maksim Kerja Sama Grice pada Naskah Drama Anak Wayang Karya M.J. Wijaya dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas IX SMP. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sering terjadinya kekeliruan atau perbedaan informasi yang dilakukan antara penutur dan mitra tutunya dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, perlu adanya prinsip kerja sama merupakan kebutuhan dalam percakapan dalam menentukan tujuan atau arah perubahan pembicaraan yang dikehendaki dengan menggunakan naskah drama sebagai objek penelitian yang tepat, karena dalam sebuah naskah terdapat banyak dialog yang merupakan bentuk dari komunikasi yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pematuhan Prinsip Kerja Sama Grice yang terdapat di dalam dialog antartokoh dalam manuskrip naskah drama Anak Wayang karya M.J Wijaya tahun 2008 dan menyusun usulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbicara kelas IX SMP dengan memanfaatkan hasil analisis dan temuan penelitian. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Teknik penelitiannya berupa teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan teknik keabsahan data. Pada teknik analisis data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Sumber data yang dipilih adalah dialog antartokoh dalam naskah drama Anak Wayang karya M.J Wijaya yang merupakan pelaksanaan Prinsip Kerja Sama grice. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan 30 data pelaksanaan maksim kerja sama Girce, yaitu (1) maksim kuantitas sebanyak 13 buah; (2) maksim kualitas sebanyak 7 buah; (3) maksim relevansi sebanyak 5 buah; (4) maksim pelaksanaan sebanyak 5 buah. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbicara dengan Standar Kompetensi “Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan naskah drama” dan Kompetensi Dasar, “Membahas pementasan drama yang naskahnya ditulis oleh siswa” dan “Menilai pementasan drama yang dilakukan oleh siswa”. Kata kunci : Pragmatik, Maksim Kerja Sama Grice, Naskah Drama Anak Wayang karya M.J Wijaya
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pragmatik, Maksim Kerja Sama Grice, Naskah Drama Anak Wayang karya M.J Wijaya | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 05:20 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 05:20 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2646 |
Actions (login required)
View Item |