Afriyadi, Ifal (2015) ANALISIS KONTRASTIF VERBA BERAFIKS BAHASA JAWA DIALEK BANTEN DAN BAHASA INDONESIA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
ANALISIS KONTRASTIF VERBA BERAFIKS BAHASA JAWA DIALEK BANTEN DAN BAHASA INDONESIA DAN RENCANA PE.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Analisis Kontrastif Verba Berafiks Bahasa Jawa Dialek Banten dan Bahasa Indonesia dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis di Kelas IX SMP oleh Ifal Afriyadi 2222092253 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penulis dan penutur (pembicara) yang sering menggunakan bahasa Jawa Dialek banten (B-1) dan bahasa Indonesia (B-2) sbagai bahasa pemelajaran dalam kegiatan berkomunikasi. Salah satunya, hal tersebut dapat ditemukan di dalam buku Struktur Bahasa Dialek Banten karya Iskandarwassid, dkk., Kamus Bahasa Jawa Banten karya Mudjahid terbitan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten tahun 2013, buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia karya Alwi, dkk. terbitan Balai Pustaka Jakarta tahun 2003, dan Kamus Besar Bahasa Indonesia karya Moelyono, dkk. terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta tahun 2012. Fokus penelitian ini adalah perbedaan dan persamaan verba berafiks bahasa Jawa Dialek Banten dan bahasa Indonesia yang dihasilkan melalui analisis kontrastif dalam buku (1) buku Struktur Bahasa Dialek Banten karya Iskandarwassid, dkk.; (2) buku Kamus Bahasa Jawa Banten karya Mudjahid terbitan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten tahun 2013; (3) buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia karya Alwi, dkk. terbitan Balai Pustaka Jakarta tahun 2003; (4) buku Kamus Besar Bahasa Indonesia karya Moeliono, dkk. terbitan PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta tahun 2012. Pertanyaan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimanakah deskripsi persamaan afiksasi verba bahasa Jawa Dialek Banten dan bahasa Indonesia yang dihasilkan melalui analisis kontrastif bahasa Jawa Dialek Banten dan bahasa Indonesia?; (2) bagaimanakah deskripsi perbedaan verba berafiks bahasa Jawa Dialek Banten dan bahasa Indonesia yang dihasilkan melalui analisis kontrastif bahasa Jawa Dialek Banten dan bahasa Indonesia?; (3) bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di kelas IX SMP yang dapat disusun dengan memanfaatkan hasil penelitian dan temuan penelitian?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mendeskripsikan persamaan afiksasi verba bahasa Jawa Dialek Banten dan bahasa Indonesia yang dihasilkan melalui analisis kontrastif bahasa Jawa Dialek Banten dan bahasa Indonesia; (2) mendeskripsikan perbedaan verba berafiks bahasa Jawa Dialek Banten dan bahasa Indonesia yang dihasilkan melalui analisis kontrastif bahasa Jawa Dialek Banten dan bahasa Indonesia; (3) menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di kelas IX SMP dengan memanfaatkan hasil penelitian dan temuan penelitian. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik studi pustaka, teknik simak catat. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik kajian isi. Sumber data penelitian ini dalam buku Struktur Bahasa Dialek Banten karya Iskandarwassid, dkk. dan Kamus Bahasa Jawa Banten karya Mudjahid terbitan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten tahun 2013, buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia i karya Alwi, dkk. terbitan Balai Pustaka Jakarta tahun 2003 dan Kamus Besar Bahasa Indonesia karya Moeliono, dkk. terbitan PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta tahun 2012. Sementara itu, data dalam penelitian ini adalah verba berafiks bahasa Jawa Dialek Banten dan Bahasa Indonesia. Penelitian ini menghasilkan temuan wujud kotrastif verba berafiks bahasa Jawa Dialek Banten dan bahasa Indonesia yang ditemukan sebanyak 60 verba. Berkenaan dengan itu, verba bahasa Jawa Dialek Banten yang diiventarisasi dari sumber data diketahui terdapat 7 buah verba bahasa Jawa Dialek Banten yang sama dengan verba bahasa Indonesia dan verba bahasa Jawa Dialek Banten yang berbeda dengan verba bahasa Indonesia, baik leksem maupun afiks pembentuknya berjumlah 53 verba. Dengan demikian, verba yang berbeda lebih banyak dibandingkan verba yang sama. Selanjutnya, penulis menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di kelas IX SMP deangan Standar Kompetensi (SK) “Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato”.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 05:22 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 05:22 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2637 |
Actions (login required)
View Item |