Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA, BERPIKIR TINGKAT TINGGI (BTT) DAN KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TINGKAT SMP KELAS VII DI KOTA CILEGON

Asholahudin, Muhamad (2023) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA, BERPIKIR TINGKAT TINGGI (BTT) DAN KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TINGKAT SMP KELAS VII DI KOTA CILEGON. Doktoral thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
M. ASHOLAHUDIN_7782200001_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
M. ASHOLAHUDIN_7782200001_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
M. ASHOLAHUDIN_7782200001_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
M. ASHOLAHUDIN_7782200001_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
M. ASHOLAHUDIN_7782200001_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
M. ASHOLAHUDIN_7782200001_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
M. ASHOLAHUDIN_7782200001_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40MB)
[img] Text
M. ASHOLAHUDIN_7782200001_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
M. ASHOLAHUDIN_7782200001_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

M. Asholahudin, 2022, The Relationship of Vocabulary Mastery, Higher Order Thinking Skill, Linguistic Competence with Reading Ability. Doctoral Program at Sultan Ageng Tirtayasa University. Prof Dr. H. Uyu Wahyudin, M.Pd, Prof. Dr. Hj. Nurhaedah Gailea, M. Hum. Learning English began in the world of education since Indonesia succeeded in realizing independence from foreign colonialism. The success of reading comprehension in English cannot be separated from other knowledge factors, namely the ability to master vocabulary. This study ws planned to find out and analyze the relationship between vocabulary mastery, higher order thinking, linguistic intelligence and reading comprehension, and also to find out and analyze the independent variables. This study used quantitative research methods with correlational techniques, while the data collection of this research used a questionnaire and test in the form of google docs which is distributed to all principles in Cilegon. The result of the research the correlation was only 7,5 %, meanwhile 92,5 % from another factors . So the correlation between advanced in vocabularies, higher order thinking skill and linguistic competence with reading ability was significance. Keywords: Vocabulary, Higher Order Thinking Skill, Linguistic Competence, Reading

Item Type: Thesis (Doktoral)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWahyudin, Uyu195501011981011001
Thesis advisorGailea, Nurhaedah195907221986032001
Additional Information: M.Asholahudin, 2022, Hubungan Penguasaan Kosakata, Berpikir Tingkat Tinggi (BTT) dan Kecerdasan Linguistik dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Tingkat SMP Kelas VII Di Kota Cilegon. Prof Dr. H. Uyu Wahyudin, M.Pd, Prof. Dr. Hj. Nurhaedah Gailea, M. Hum. Pembelajaran bahasa Inggris dimulai dalam dunia pendidikan sejak Indonesia berhasil dalam mewujudkan kemerdekaan dari penjajahan bangsa asing. Keberhasilan kemampuan membaca pemahaman bahasa Inggris tidak terlepas dari faktor-faktor pengetahuan lainnya yaitu kemampuan penguasaan kosakata. Penelitian ini berencana untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana hubungan penguasaan kosakata, berpikir tingkat tinggi, hubungan kecerdasan linguistik secara bersama-sama dengan kemampuan membaca pemahaman, dan juga untuk mengetahui dan menganalisis antar variabel bebas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional, sementara pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan angket via google form yang disebar melalui media Whatsapp ke seluruh kepala sekolah sekota Cilegon. Hasil penelitian didapatkan bahwa besarnya hubungan antara Penguasaan Kosa Kata (X1) , Berpikir Tingkat Tinggi (X2) dan Kecerdasan Linguistik (X3) secara bersama-sama dengan kemampuan membaca (Y), yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah 0,053 hal ini menunjukkan hubungan yang sangat rendah, sedangkan kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel Penguasaan Kosa Kata (X1) , Berpikir Tingkat Tinggi (X2) dan Kecerdasan Linguistik (X3) dengan Kemampuan Membaca (Y) adalah 7.5 % sedangkan 92.5% ditentukan oleh variabel yang lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penguasaan Kosa Kata (X1) , Berpikir Tingkat Tinggi (X2) dan Kecerdasan Linguistik (X3) berhubungan secara bersama-sama terdapat hubungan dengan Kemampuan Membaca (Y) . Kata Kunci: Kosakata, Berpikir Tingkat Tinggi, Kecerdasan Linguistik,Membaca
Uncontrolled Keywords: Vocabulary, Higher Order Thinking Skill, Linguistic Competence, Reading Kosakata, Berpikir Tingkat Tinggi, Kecerdasan Linguistik,Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 7782-PENDIDIKAN (S3)
Depositing User: Mr M ASHOLAHUDIN
Date Deposited: 12 Jul 2023 10:39
Last Modified: 13 Jul 2023 14:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/26296

Actions (login required)

View Item View Item