Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KESALAHAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD SEROJA

Bayyinatul Kholafiah, Kiki (2015) ANALISIS KESALAHAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD SEROJA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS KESALAHAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD SEROJA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kiki Bayyinatul Kholafiah (2222102619), Analisis Kesalahan Berbicara Pada Anak Usia Dini di PAUD Seroja. Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultang Ageng Tirtayasa Serang 2015. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara anak usia dini, sehingga perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keterlambatan bicara anak usia dini diantara teman-teman yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kesalahan fonologi (konsonan) apa saja yang terjadi pada saat anak usia dini berbicara? (2) Apa saja faktor yang memengaruhi terjadinya kesalahan berbicara pada anak usia dini? Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Seroja dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, menggunakan kelas B atau kelas nol besar. Hasil penelitian menunjukkan : 1. Kesalahan yang sering terjadi pada kelas B ini yaitu kesalahan perorangan dan kesalahan pengungkapa. Kesalahan perorangan yaitu kesalahan yang dibuat oleh seseorang diantara teman-temannya, sedangkan kesalahan pengucapan yaitu kesalahan dilakukan oleh pembicara yang salah mengungkapkan atau menyampaikan apa yang dipikirkannya. Kesalahan pengucapan yang terjadi pada data di atas yaitu kesalahan pengucapan huruf [s] mejadi huruf [t], pengucapan huruf [s] menjadi huruf [c], pengucapan huruf [r] menjadi huruf [l], pengucapan huruf [k] menjadi huruf [t], pengucapan huruf [c] menjadi huruf [t], penghilangan huruf [h], penghilangan huruf [g], dan penambahan huruf [t]. 2. Faktor yang sering memengaruhi kesalahan berbicara yaitu faktor keluarga, karena keluarga yang sangat dekat dengan si anak tersebut. Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu faktor lingkungan, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan bermainnya karena lingkungan juga merupakan salah satu tempat berkembangnya bahasa anak tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuhyidin, Asep19760407200112002
Thesis advisorErwin Juansah, Dase197707262003121001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:25
Last Modified: 20 Apr 2022 14:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2627

Actions (login required)

View Item View Item