Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KERUSAKANDAN PERENCANAAN TEBALPERKERASAN JALAN KAKUDENGAN METODE BINA MARGA2003(Studi Kasus Jl.RayaBojonegara–SerdangKM 2)

LESTARI GANDAKUSUMAH, NIKEN (2015) ANALISIS KERUSAKANDAN PERENCANAAN TEBALPERKERASAN JALAN KAKUDENGAN METODE BINA MARGA2003(Studi Kasus Jl.RayaBojonegara–SerdangKM 2). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS KERUSAKAN DAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN KAKU DENGAN METODE BINA MARGA 2003.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

DAMAGE ANALISYS AND PLANNING ON RIGID PAVEMENT ROADUSING BINA MARGA 2003 METHOD (Case Study of Bojonegara–Serdang KM 2Street) NIKEN LESTARI GABSTRACT Bojonegara-Serdang KM 2 Street is an alternative route to the port ofMerak, and the path towards industrial factories in Bojonegara. Every day thisstreet always filled with large-laden vehicle and large buses that sufferedsignificant damage. Therefore need a study to identify the damage and planning aproper, efficient and optimal pavement thickness that can accommodate the loadthat passing above This study aims to plan the jointed reinforced concrete pavement using theBina Marga 2003 method and to identify the percentage of damage and suggestthe methods to improveusingTata Cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (RigidPavement) No. 10/T/BNKT/ 1991method atBojonegara-Serdang KM 2 Street. The results from the calculation of rigid pavement thickness at Bojonegara-Serdang KM 2 Street by using Bina Marga 2003 method, rigid pavement typesused are jointed reinforced concrete pavement with a thickness obtained 25 cm.The result of damage identification is 3542,68 m 2 or 25,30% that occurs in 2 KMalong Bojonegara-Serdang KM 2 Street.Themost dominant damage is PunchOut at 1984,45 m 2 (14,17%).The identification of the damage indicates that theimprovements suggest fromTata Cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (RigidPavement) No. 10/T/BNKT/ 1991 are included in the routine maintenanceprogram is to fill broken concrete surface for temporary repairs, and filling in theentire depth for permanent repairs. The improvements included into theimprovement of the road that is doing the rebuilding / reconstruction rigidpavement. Keywords : The Damage Road, Rigid Pavement, Bina Marga 2003

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTwidi, Rindu198212062019122001
Thesis advisorFakhruriza Pradana, M198107232006041002
Additional Information: ANALISIS KERUSAKANDAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASANJALAN KAKU DENGAN METODE BINA MARGA2003 (Studi Kasus Jl.Raya Bojonegara–Serdang KM 2) NIKEN LESTARI GINTISARI Ruas Jalan Raya Bojonegara–Serdang KM 2 merupakan jalur alternatifmenuju Pelabuhan Merak, dan jalur industri menuju pabrik-pabrik yang ada diBojonegara. Ruas Jalan ini setiap harinya selalu dipadati kendaraan bermuatanbesar dan bus–bus besar sehingga mengalami kerusakan yang cukup signifikan.Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk mengidentifikasi kerusakan danmerencanakan tebal perkerasan yang tepat, efisien serta optimal agar dapatmengakomodir beban yang melintas diatasnya. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan perkerasan kaku bersambungdengan tulangan menggunakan metode Bina Marga 2003 dan mengidentifikasipersentase kerusakan yang terjadi serta mengetahui metode perbaikan yangdisarankan dengan metode Tata Cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (RigidPavement) No. 10/T/BNKT/ 1991pada Jalan Raya Bojonegara–Serdang KM 2. Hasil yang diperoleh dari perhitungan tebal perkerasan kaku Jalan RayaBojonegara–Serdang KM 2 dengan menggunakan metode Bina Marga 2003,didapat jenis perkerasan kaku yang digunakan adalah beton bersambung bertulangdengan tebal lapis perkerasan sebesar 25 cm. Identifikasi kerusakan menunjukanbahwa total kerusakan yang terjadi sebesar 3542,68 m 2 atau sebesar25,30 %padasepanjang 2 KM Jalan Raya Bojonegara–Serdang KM 2.Kerusakan yang palingdominan adalah kerusakan Punch Out sebesar 1984,45 m 2 (14,17%). Hasilidentifikasi kerusakan jalan menunjukan bahwa usulan perbaikan yangdisarankanmenurut Tata Cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) No.10/T/BNKT/ 1991 termasuk kedalam program pemeliharaan rutin yaitupenambalan beton yang rusak di permukaan untuk perbaikan sementara, danpenambalan di seluruh kedalaman untuk perbaikan permanen. Usulan perbaikanyang termasuk kedalam peningkatan jalan yaitumelakukan pembangunan kembali/ rekonstruksi perkerasan kaku. Kata Kunci :Kerusakan Jalan, Perkerasan Kaku, Bina Marga 2003
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Jalan, Perkerasan Kaku, Bina Marga 2003 The Damage Road, Rigid Pavement, Bina Marga 2003
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:25
Last Modified: 25 Oct 2021 05:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item View Item