Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA (Suatu Penelitian Kualitatif Tahun Ajaran 2014/2015)

HASANAH, NURUL (2015) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA (Suatu Penelitian Kualitatif Tahun Ajaran 2014/2015). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK NURUL HASANAH (2225101858), “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang. 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan segiempat dan segitiga yang diajarkan di SMP adalah untuk menyelesaikan soal kehidupan sehari-hari atau yang berkaitan dengan bidang keahliannya khususnya pada meteri segiempat dan segitiga, sehingga sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga.(2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuasn pemecahan masalah siswa pada meteri segiempat dan segitiga.(3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari 29 siswa pada materi segiempat, kemampuan pemecahan masalah siswa secara umum termasuk kedalam kriteria cukup. Pada materi segitiga, kemampuan pemecahan masalah siswa secara umum termasuk kedalam kriteria cukup. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu intelegensi dan bakat, serta faktor eksternal yaitu lingkungan tetangga. Siswa beranggapan bahwa materi segitiga lebih sulit dari materi segiempat. Hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada materi segiempat lebih baik dari pada hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat. Kata kunci: Pemecahan Masalah, Segiempat, Segitiga

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurrohman, Maman198209252006041001
Thesis advisorSudiana, Ria198101302008121001
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Segiempat, Segitiga
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:25
Last Modified: 25 Oct 2021 05:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item View Item