SUKAJAH, SITI (2015) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK BINA INSAN BINUANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS X JURUSAN AKUNTANSI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK SITI SUKAJAH (2225101985), Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Matriks KelasX Jurusan Akuntansi di SMK Bina Insan Binuang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang. 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan aplikasi matriks yang dapat diajarkan di SMK adalah untuk menyelesaikan soal kehidupan sehari-hari atau yang berkaitan dengan bidang keahliannya khususnya pada sub bab aplikasi matriks dalam sistem persamaan linear, sehingga sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari namun rata-rata siswa lebih fokus terhadap program keahliannya masing-masing dan cenderung kurang berminat pada mata pelajaran tertentu tak terkecuali mata pelajaran matematika. Hal ini di ketahui dengan melakukan wawancara terhadap beberapa siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks sub bab aplikasi matriks dalam SPL kelas X SMK jurusan akuntansi.(2) faktorfaktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa untuk setiap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi matriks sub bab aplikasi matriks dalam SPL kelas X SMK jurusan akuntansi.(3) kesulitan apa saja yang di alami siswa yang memperoleh nilai terendah berdasarkan kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal aplikasi dalam SPL. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari 30 siswa terdapat 2 siswa yang mempunyai kemampuan pemahaman konsepnya baik, terdapat 11 siswa yang mempunyai kemampuan pemahamannya cukup, 14 siswa yang mempunyai kemampuan pemahamannya kurang dan terdapat 3 siswa yang mempunyai kemampuan pemahamannya kurang sekali. Faktor yang mempengaruhinya ialah faktor internal dan faktor eksternal. Kesulitan siswa yang memperoleh nilai terendah adalah siswa tidak memahami maksud soal disebabkan siswa memang benar-benar tidak paham dari isi soal tersebut, siswa masih kurang faham dan bingung dengan metode yang harus di kerjakan sehingga siswa kesulitan dalam menyimpulkannya. Kata kunci: Faktor Kesulitan Belajar, Pemahaman Konsep, Matriks.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Faktor Kesulitan Belajar, Pemahaman Konsep, Matriks. | |||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 05:26 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 05:26 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2621 |
Actions (login required)
View Item |