Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEMPE (Suatu Kasus pada Rumah Tempe Indonesia Bogor Jawa Barat)

Ramoti, Ade (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEMPE (Suatu Kasus pada Rumah Tempe Indonesia Bogor Jawa Barat). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEMPE (Suatu Kasus pada Rumah Tempe Indonesia Bogor Jawa Barat).PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rumah Tempe Indonesia is a pioneer manufacturer and still the only hygienic tempe producer in Indonesia because it has applied the concept of Good Hygiene Practices and Good Manufacturing Practices. However, for about seven years the business is running, Rumah Tempe Indonesia still has the limited to access its market, and promotional activities carried out are ineffective so Rumah Tempe Indonesia still has difficult exporting its products more broadly. The purpose of this research is to identify internal and external factors that influence the development of the Rumah Tempe Indonesia business and formulate alternative strategies and priorities for the development of the Rumah Tempe Indonesia business. The method used in this research is the IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix, and QSPM matrix. The results of this research indicate that the internal strength factor of the Rumah Tempe Indonesia consists of 8 strength factors and 2 weakness factors. The external strength factor of the Rumah Tempe Indonesia consists of 4 opportunity factors and 1 threat factor. The IE matrix shows the position of the Rumah Tempe Indonesia in quadrant II (grow and build). The SWOT matrix formulates 6 alternative strategies and the QSPM matrix ranks 6 strategically based on good strategic priorities that can be applied to the development of the Rumah Tempe Indonesia business where the first priority strategy is to develop existing innovations and optimize the promotion and market network built. Keywords : business development strategy, tempes, Rumah Tempe Indonesia, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAnggraeni, DianUNSPECIFIED
Thesis advisorKrisdianto, NanangUNSPECIFIED
Additional Information: ADE RAMOTI, 2019. Strategi Pengembangan Usaha Tempe (Suatu Kasus Pada Rumah Tempe Indonesia, Bogor, Jawa Barat), dibimbing oleh Dian Anggraeni dan Nanang Krisdianto. Tempe sudah menjadi pangan utama konsumsi mayoritas masyarakat Indonesia. Tingginya peminat pangan olahan berbahan dasar biji kedelai, maka setidaknya Indonesia harus memiliki produsen yang memiliki standar yang baik, baik dalam bahan dasar maupun produksi. Salah satu usaha tempe berkualitas yang ada di Indonesia yaitu Rumah Tempe Indonesia. Rumah Tempe Indonesia (RTI) merupakan unit usaha dari Koperasi Pengrajin Tempe Tahu Indonesia (KOPTI) Kabupaten Bogor. RTI adalah pelopor dan masih satu-satunya produsen tempe higienis di Indonesia karena telah menerapkan konsep Good Hygienic Practices (GHP) dan Good Manufacturing Practices (GMP). Selama perkembangan tujuh tahun usaha ini berjalan, Rumah Tempe Indonesia masih terdapat kendala pada keterbatasan akses pasar yang akan dimasuki, sehingga Rumah Tempe Indonesia masih mengalami kesulitan untuk mengekspor produknya ke wilayah pasar yang lebih luas lagi, serta adanya produk tempe yang beredar di pasaran tradisional menyebabkan adanya persaingan dengan perbedaan harga bahwa harga tempe yang beredar di pasaran tradisional terkesan dengan citra produk dengan harga murah yang sudah melekat di benak masyarakat. Pemasaran yang digunakan oleh Rumah Tempe Indonesia juga masih sederhana dengan cara mouth to mouth untuk mempromosikan produknya. Hal ini juga menyebabkan belum semua masyarakat mengetahui dan dapat menikmati adanya produk tempe sehat, higienis dan ramah lingkungan yang diproduksi oleh Rumah Tempe Indonesia.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:52
Last Modified: 11 Oct 2021 08:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2603

Actions (login required)

View Item View Item