Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUMON DAN SPIKPU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2016/2017

NOVIANTI, DEVY (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUMON DAN SPIKPU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUMON DAN SPIKPU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 20162017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65MB)

Abstract

This researche is used to know about the influence of the learning models named KUMON and SPIKPU for the ability of reading comprehension which is implemented to drama at grade XI of SMA Negeri 4 Kota Serang Year 2016/2017; and to know about the comparison both of learning models to the ability of reading comprehension. The populations are all of the students grade XI SMA Negeri 4 Kota Serang Year 2016/2017 about 389 students. Although the sample of this researche which use simple random sampling technic are XI IPA 2 as a class to practice with KUMON and XI IPA 1 as a class to practice with SPIKPU about 195 students. The second sampling is used to get students sample with degree of freedom 10% about 62 which parting to both of sampling class about 31 students. The hypothesis test 1 showing that thitung ≤ ttabel or 0,493 ≤ 2,042, H0 accepted at the right area with the relust that there isn’t influence of learning models named KUMON for the ability of reading comprehension of drama. The hypothesis test 2 showing that thitung ≥ ttabel or 9,217 ≥ 2,042, Ha accepted at the right area with the relust that there is an influence of learning models named SPIKPU for the ability of reading comprehension of drama. The hypothesis test 3 showing that thitung ≥ ttabelor 4,187 ≥ 2,000 (dk = 60 α = 0,05), Ha accepted at the right area with the relust that there is a comparison both of two learning models named KUMON and SPIKPU for the ability of reading comprehension of drama. The influence of learning models named SPIKPU about 9,217 is bigger than the influence of learning models named SPIKPU about 0,493. The conclution explain that SPIKPU as a learning models is better than KUMON as a learning models for the ability of reading comprehension XI SMA Negeri 4 Kota Serang Year 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, TatuUNSPECIFIED
Thesis advisorIbnu Wahid, FaridUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran KUMON dan SPIKPU terhadap kemampuan membaca pemahaman teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Serang Tahun Ajaran 2016/2017; serta untuk mengetahui perbedaan signifikan antara penerapan kedua model pembelajaran terhadap kemampuan membaca pemahaman teks drama. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Serang Tahun Ajaran 2016/2017 pada Semester II (Genap) sejumlah 389 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan berdasarkan teknik simple random sampling adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran KUMON dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran SPIKPU dengan jumlah siswa sebanyak 195 siswa. Hasil sampling kedua untuk memeroleh siswa sampel berdasarkan taraf kesalahan 10% adalah 62 yang dibagi merata pada kelas sampel dan atau sebanyak 31 siswa untuk setiap kelas penelitian. Pengujian hipotesis 1 menghasilkan temuan bahwa thitung ≤ ttabel atau 0,493 ≤ 2,042, maka H0 diterima pada daerah penerimaan sebelah kanan sehingga tidak terdapat pengaruh model pembelajaran KUMON terhadap kemampuan membaca pemahaman teks drama. Pengujian hipotesis 2 menghasilkan temuan bahwa thitung ≥ ttabel atau 9,217 ≥ 2,042, Ha diterima pada daerah penerimaan sebelah kanan sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran SPIKPU terhadap kemampuan membaca pemahaman teks drama. Pengujian hipotesis 3 menghasilkan temuan bahwa thitung ≥ ttabel atau 4,187 ≥ 2,000, Ha diterima pada daerah penerimaan sebelah kanan sehingga terdapat perbedaan model pembelajaran KUMON dan SPIKPU terhadap kemampuan membaca pemahaman teks drama. Pengaruh model pembelajaran SPIKPU yakni 9,217 lebih besar dibandingkan pengaruh model pembelajaran KUMON yakni 0,493. Sehingga diperoleh temuan bahwa pengaruh model pembelajaran SPIKPU lebih baik dibandingkan model pembelajaran KUMON terhadap kemampuan membaca pemahaman teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Serang Tahun Ajaran 2016/2017.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:54
Last Modified: 11 Oct 2021 08:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item View Item