Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAYURAN HIDROPONIK (Suatu Kasus di CV. Anugerah Agung Abadi Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor)

KHOLILAH, YUNDA (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAYURAN HIDROPONIK (Suatu Kasus di CV. Anugerah Agung Abadi Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAYURAN HIDROPONIK (Suatu Kasus di CV. Anugerah Agung Abadi Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

CV. Anugerah Agung Abadi (Triple A) is one of the companies that produce hydroponic vegetables, but in the process of fulfilling the demand for hydroponic vegetables, the market demand can not be completely fulfilled by this company. The purpose of this research is to analyze internal and external factors on CV Anugerah Agung Abadi, identifies strengths, weaknesses, opportunities and threats, formulates alternative strategies that can be applied in the development of hydroponic vegetable business in CV Anugerah Agung Abadi. The method used in this research is IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix. The results showed that internal factors consisted of 10 strengths and 6 weaknesses with Triple A Internal Factor Evaluation (IFE) value of 2,770 and external factors consisting of 3 opportunities and 3 threats with an External Factor Evaluation (EFE) value of 3.150. The IE matrix shows the position of Triple A in cell II (growth and build). The SWOT matrix formulates 6 alternative strategies with a strategy that can be applied is to maintain existing markets and take advantage of market developments towards the demand for hydroponic vegetables. Keywords :company, hydroponic vegetables, SWOT analysis

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMirajiani, MirajianiUNSPECIFIED
Thesis advisorTresna Sumantri, AriUNSPECIFIED
Additional Information: Yunda Kholilah, 2019. Strategi Pengembangan Usaha Sayuran Hidroponik (Suatu Kasus Di CV Anugerah Agung Abadi Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor), dibimbing oleh Mirajiani dan Ari Tresna Sumantri. Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam sebuah negara, karena pertanian sebagai sumber penghidupan dalam memenuhi kebutuhan hidup terutama pangan untuk konsumsi. Dari semua sektor pertanian, subsektor hortikultura merupakan salah satu yang mengalami pengembangan. Pengembangan usaha hortikultura merupakan salah satu upaya yang didukung oleh pemerintah dalam sektor pertanian karena subsektor hortikultura bisa menjadi program diversifikasi, ektensifikasi, intensifikasi dan rehabilitasi pertanian yang merupakan inti dari pembangunan pertanian. Hidroponik merupakan sebuah teknologi modern di bidang pertanian dalam teknik budidaya dengan menggunakan nutrisi pokok yang diperlukan tanaman untuk memperoleh produk yang berkualitas dan bebas dari organisme pengganggu tanaman yang berasal dari tanah. Sistem hidroponik yang berkembang pertama kali di Indonesia adalah hidroponik substrat, yaitu sistem yang menggunakan media selain tanah dan steril, seperti arang sekam, pasir, serbuk gergaji, sabuk kelapa dan lain-lain, namun kini sistem hidroponik telah berkembang salah satunya adalah sistem NFT. Hidroponik kini banyak dikembangkan oleh perusahan-perusahaan yang begerak dalam bidang pertanian untuk menangkap peluang besar karena minat masyarakat yang menginginkan sayuran dengan kualitas yang baik namun aman untuk dikonsumsi. CV. Anugerah Agung Abadi (Triple A) merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi sayuran hidroponik, namun dalam proses pemenuhan permintaan sayuran hidroponik, perusahaan ini terkadang tidak dapat memenuhi permintaan pasar secara keseluruhan karena terkendala faktor internal dan eksternal yang dialami oleh perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki strategi yang tepat dalam mengembangkan usahanya agar dapat memperoleh keuntungan dan terus mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis faktor internal dan eksternal pada CV. Anugerah Agung Abadi, (2) Mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh CV. Anugerah Agung Abadi, dan (3) Merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan usaha sayuran hidroponik di CV. Anugerah Agung Abadi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:49
Last Modified: 11 Oct 2021 08:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2601

Actions (login required)

View Item View Item