Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTA SERANG

Uljanah, Lulu (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah permasalahan yang dihadapi siswa kelas XI SMKN 1 Kota Serang dalam materi pembelajaran menulis cerpen yang masih di bawah KKM dalam menulis cerpen belum menerapkan unsur-unsur dalam cerpen, serta kurangnya strategi guru di sekolah tersebut pada penggunaan model pembelajaran ketika kbm berlangsung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model yang digunakan, yaitu Example Non-Example dan Concept Sentence terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI di SMKN 1 Kota Serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) yang terdiri dari enam kelas yang berjumlah 198 siswa, sampel diambil secara random sampling (acak) yaitu kelas AP 1 sebagai (kelas eksperimen) yang berjumlah 30 siswa, dan kelas AP 2 (kelas kontrol) yang berjumlah 33 siswa. Data yang diambil masing-masing 25 siswa setiap kelasnya. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui uji tes, tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Analisis data yang dilakukan yaitu dengan perhitungan terhadap nilai siswa yang diperoleh, melalui uji normalitas, homogenitas, uji-t (dua pihak), serta uji statistik parametris (pengujian pada hipotesis). Hasil uji data dalam pengujian hipotesis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara model Example Non-Example dengan model Concept Sentence terhadap hasil belajar menulis cerpen siswa, hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh -2.0294< 3.2996>2.0294. selisihnya 5.22 point. Dengan demikian, model Concept Sentence dikatakan lebih unggul dibandingkan model Example Non Example, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil nilai rata-rata siswa kelas kontrol yaitu 86.08 lebih besar dari kelas Ekperimen yaitu 80.86.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, AcengUNSPECIFIED
Thesis advisorSupena, AhmadUNSPECIFIED
Additional Information: Latar belakang pada penelitian ini adalah permasalahan yang dihadapi siswa kelas XI SMKN 1 Kota Serang dalam materi pembelajaran menulis cerpen yang masih di bawah KKM dalam menulis cerpen belum menerapkan unsur-unsur dalam cerpen, serta kurangnya strategi guru di sekolah tersebut pada penggunaan model pembelajaran ketika kbm berlangsung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model yang digunakan, yaitu Example Non-Example dan Concept Sentence terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI di SMKN 1 Kota Serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) yang terdiri dari enam kelas yang berjumlah 198 siswa, sampel diambil secara random sampling (acak) yaitu kelas AP 1 sebagai (kelas eksperimen) yang berjumlah 30 siswa, dan kelas AP 2 (kelas kontrol) yang berjumlah 33 siswa. Data yang diambil masing-masing 25 siswa setiap kelasnya. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui uji tes, tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Analisis data yang dilakukan yaitu dengan perhitungan terhadap nilai siswa yang diperoleh, melalui uji normalitas, homogenitas, uji-t (dua pihak), serta uji statistik parametris (pengujian pada hipotesis). Hasil uji data dalam pengujian hipotesis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara model Example Non-Example dengan model Concept Sentence terhadap hasil belajar menulis cerpen siswa, hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh -2.0294< 3.2996>2.0294. selisihnya 5.22 point. Dengan demikian, model Concept Sentence dikatakan lebih unggul dibandingkan model Example Non Example, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil nilai rata-rata siswa kelas kontrol yaitu 86.08 lebih besar dari kelas Ekperimen yaitu 80.86.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:49
Last Modified: 11 Oct 2021 08:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item View Item