Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TANARA TAHUN AJARAN 2014/ 2015

SUHANDI, ANDI (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TANARA TAHUN AJARAN 2014/ 2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2013/2014”. Pembimbing I Dr. H. Ediwarman, M.Pd., Pembimbing II Diana Tustiantina, S.Pd., M. Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimanakah pelaksanaan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015? 2. Adakah pengaruh hasil pembelajaran menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media audio visual di kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015, juga untuk mengetahui besar pengaruh hasil pembelajaran dalam menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media audio visual di kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Langkah yang ditempuh melalui tahap pengumpulan data dengan menggunakan metode Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanara yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 173 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas X APK I sebagai kelas eksperimen dan kelas X APK II sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa kelas eksperimen adalah 30 siswa, sedangkan pada kelas kontrol, jumlah siswa adalah 30 siswa. Variabel bebas penetiltian ini adalah media audio visual, variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis. Instrument dalam penelitiaan ini meliputi pemilihan kata/ diksi, kosakata, bahasa, penulisan, koherensi dan kohesi, serta unsur naratif. Data yang diperoleh dari analisis menggunakan rumus T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa di peroleh F_hitung ≤ F_tabel yaitu 1,86 < 1,987. Maka dapat disimpulkan bahwa data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol Homogen. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2013/2014”. Pembimbing I Dr. H. Ediwarman, M.Pd., Pembimbing II Diana Tustiantina, S.Pd., M. Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimanakah pelaksanaan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015? 2. Adakah pengaruh hasil pembelajaran menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media audio visual di kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015, juga untuk mengetahui besar pengaruh hasil pembelajaran dalam menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media audio visual di kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Langkah yang ditempuh melalui tahap pengumpulan data dengan menggunakan metode Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanara yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 173 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas X APK I sebagai kelas eksperimen dan kelas X APK II sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa kelas eksperimen adalah 30 siswa, sedangkan pada kelas kontrol, jumlah siswa adalah 30 siswa. Variabel bebas penetiltian ini adalah media audio visual, variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis. Instrument dalam penelitiaan ini meliputi pemilihan kata/ diksi, kosakata, bahasa, penulisan, koherensi dan kohesi, serta unsur naratif. Data yang diperoleh dari analisis menggunakan rumus T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa di peroleh F_hitung ≤ F_tabel yaitu 1,86 < 1,987. Maka dapat disimpulkan bahwa data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol Homogen. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanara Tahun Pelajaran 2014/2015.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:35
Last Modified: 11 Oct 2021 08:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2583

Actions (login required)

View Item View Item