Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS VII TAHUN 2022

Fatimah, Suci (2012) PENGEMBANGAN MEDIA LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS VII TAHUN 2022. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Suci Fatimah_2222180049_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Suci Fatimah_2222180049_05 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
Suci Fatimah_2222180049_Ref (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
Suci Fatimah_2222180049_02 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
Suci Fatimah_2222180049_Lamp (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Suci Fatimah_2222180049_04 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Suci Fatimah_2222180049_03 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
Suci Fatimah_2222180049_01 (2) (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media lectora inspire dalam pembelajaran teks deskripsi untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 187 Jakarta sejumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obeservasi, wawancara, angket, dan hasil pretest/posttest. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa media lectora inspire telah berhasil dikembangkan dan dapat diakses secara fleksibel. Kemudian, kualitas media lectora inspire yang telah dikembangkan berdasarkan masing-masing validator yakni, ahli materi 87,5%, ahli media 84%, dan guru bahasa Indonesia 87,57%. Sementara itu, respon siswa 85,3% dengan hasil pretest 38,8 dan posttest 79,75 sehingga kenaikan 40,95 poin. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media lectora inspire layak digunakan sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Kata kunci: Media lectora inspire, research and development, teks deskripsi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTATU, HILALIYAH1976040720011211002
UNSPECIFIEDFARID, IBNU WAHID1976040720011211002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media lectora inspire dalam pembelajaran teks deskripsi untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 187 Jakarta sejumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obeservasi, wawancara, angket, dan hasil pretest/posttest. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa media lectora inspire telah berhasil dikembangkan dan dapat diakses secara fleksibel. Kemudian, kualitas media lectora inspire yang telah dikembangkan berdasarkan masing-masing validator yakni, ahli materi 87,5%, ahli media 84%, dan guru bahasa Indonesia 87,57%. Sementara itu, respon siswa 85,3% dengan hasil pretest 38,8 dan posttest 79,75 sehingga kenaikan 40,95 poin. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media lectora inspire layak digunakan sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Kata kunci: Media lectora inspire, research and development, teks deskripsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Pd Suci Fatimah
Date Deposited: 26 Jun 2023 16:00
Last Modified: 26 Jun 2023 16:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/25624

Actions (login required)

View Item View Item