Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Rohimah, Rohimah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

This research aims to understand how a result of the application of model learning twisted cooperative type of check on ability to think critically students class V sdn serang city of serang 08 year lesson 2016 / 2017 on the subjects of social science especially in competence 2.2 appreciate basic services and the role of the struggle in preparing the independence of indonesia. Methods used in research is method quasi ekperimen type nonequivalent control group design .In this study , the va which consists of 20 students as a class experiment and class vb which consists of 20 students as a class control. Based on the research done, suggests that the ability to think critically students who received learning model pair check better than students who received learning model directly (direct intruction) it can be seen from uji-t' the one hand namely by the formula tcount 2,05 ˃ ttable 1,8. so H0 rejected Ha accepted. So that we can conclude that the ability of students think critically in subjects who got social class model learning Pair check is better than students who get learning learning model direct (direct intruction).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorM. Taufik, M. TaufikUNSPECIFIED
Thesis advisorRahman Hakim, ZerryUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas V SDN Serang 08 Kota Serang tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya dalam kompetensi dasar 2.2 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi ekperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian ini, kelas VA yang terdiri atas 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang terdiri atas 20 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Pair Check lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) hal ini dapat dilihat dari uji-t' satu pihak yaitu dengan rumus thitung 2,05 ˃ ttabel 1,8 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPS yang mendapat model pembelajaran pair check lebih baik dari pada siswa yang mendapat model pembelajaran pembelajaran langsung (Direct Intruction).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:57
Last Modified: 11 Oct 2021 07:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item View Item