Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

FARIDAH, IDA (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK IDA FARIDAH (2225102323),”Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Dengan Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Patriot Bekasi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap matematika dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pendekatan scientific pada pokok bahasan bangun datar segiempat. Tujuan dari peneitian ini yaitu, untuk mengetahui faktor-faktor minat belajar dan pendeskripsiannya. Metode penelitian menggunakan salah satu jenis penelitian deskriptif kualitatif adalah berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus (Case Study) yaitu penelitian yang dilakukan terfokus pada suatu kasus tertentu. Sumber data pada penelitian ini adalah kelas VII D SMP Patriot Bekasi Tahun Ajatran 2014/2015. Dalam pengambilan subjek penelitian dipilih 9 siswa dari masing-masing kariteria dari hasil kemapuan pemahamn konsepn dua siswa dengan kriteria sangat baik, tiga siswa dengan kriteria baik, dua siswa dengan kriteria cukup, dan dua siswa dengan kriteria kurang sekali. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh melalui lima tahap yakni: 1) tes kemampuan pemahaman konsep, 2) penyebaran angket, 3) observasi, 4) wawancara siswa dan guru mata pelajaran matematika, 5) dokumentasi. Dari kelima hasil pengolahan data tersebut teridentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa sehingga menyebabkan kurang maksimalnya siswa terhadap kemampuan pemahaman, faktor-faktor tersebut antara lain: 1) faktor diri (individu), 2) faktor keluarga (cara orang tua mendidik, suasana rumah, dan keadaan ekonomi), 3) faktor sekolah (metode belajar, cara guru menyapaikan materi, dan saranaprasarana), 4) faktor lingkungan (teman bergaul dan mass media). Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Pendekatan Scientific, dan Minat Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiani, Yani197608212008012010
Thesis advisorIndhira, Asih196906292003122001
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Pendekatan Scientific, dan Minat Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:30
Last Modified: 25 Oct 2021 05:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2560

Actions (login required)

View Item View Item