TUNJIAH, APIA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERH~2.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki siswa SMP dan sikap siswa terhadap matematika yang masih kurang. Sehingga dibutuhkan pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk belajar aktif dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematisnya. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode SFAE. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan dan peningkatan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode SFAE dengan pendekatan saintifik lebih baik dari siswa yang menggunakan pendekatan saintifik, dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan metode SFAE. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Serang tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan nontes berupa angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode SFAE dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang menggunakan pendekatan saintifk, serta siswa memiliki sikap yang kuat terhadap pembelajaran matematika dengan metode SFAE.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki siswa SMP dan sikap siswa terhadap matematika yang masih kurang. Sehingga dibutuhkan pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk belajar aktif dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematisnya. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode SFAE. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan dan peningkatan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode SFAE dengan pendekatan saintifik lebih baik dari siswa yang menggunakan pendekatan saintifik, dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan metode SFAE. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Serang tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan nontes berupa angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode SFAE dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang menggunakan pendekatan saintifk, serta siswa memiliki sikap yang kuat terhadap pembelajaran matematika dengan metode SFAE. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2021 07:49 | |||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2021 07:49 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2554 |
Actions (login required)
View Item |