Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA

HARYATI, SITI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan self concept matematis pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran IMPROVE dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian yaitu siswa kelas 8-A dan 8-B SMPN 9 Kota Serang tahun ajaran 2016/2017 yang keduanya memiliki jumlah siswa sebanyak 40 siswa, dengan kelas 8-B sebagai kelas eksperimen dan 8-A sebagai kelas kontrol. Metode dan desain penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dan Non-equivalent Control Group Design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala self concept matematis. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberikan model pembelajaran IMPROVE lebih baik dari siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. 2) Peningkatan self concept matematis siswa yang diberikan model pembelajaran IMPROVE lebih baik dari siswa yang diberikan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNovaliyosi, NovaliyosiUNSPECIFIED
Thesis advisorRafianti, IsnaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan self concept matematis pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran IMPROVE dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian yaitu siswa kelas 8-A dan 8-B SMPN 9 Kota Serang tahun ajaran 2016/2017 yang keduanya memiliki jumlah siswa sebanyak 40 siswa, dengan kelas 8-B sebagai kelas eksperimen dan 8-A sebagai kelas kontrol. Metode dan desain penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dan Non-equivalent Control Group Design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala self concept matematis. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberikan model pembelajaran IMPROVE lebih baik dari siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. 2) Peningkatan self concept matematis siswa yang diberikan model pembelajaran IMPROVE lebih baik dari siswa yang diberikan pembelajaran konvensional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:40
Last Modified: 11 Oct 2021 07:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2546

Actions (login required)

View Item View Item