Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PRESEPSI KONSUMEN TERHADAP BUAH PISANG CAVENDISH SUNPRIDE (Survei di Giant Ekstra Kota Serang)

PUTRI REFIYANTI, KRISDIANA (2019) PRESEPSI KONSUMEN TERHADAP BUAH PISANG CAVENDISH SUNPRIDE (Survei di Giant Ekstra Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PRESEPSI KONSUMEN TERHADAP BUAH PISANG CAVENDISH SUNPRIDE (Survei di Giant Ekstra Kota Serang).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The purpose of this study is to analyze the charasteristics of Cavendish Sunpride’s Consumer and analyze consumers perception for Cavendish Sunpride. Based on the results of the research the characteristics of respondents by sex were 63.3% women, based on the age most were 30-39 years old as many as 41.7%, based on marital status the most married were 81.7%, based on the level of education most of them were high school 36.7%, and based on employment the most were private employees as much as 35%. Based on the results of the study using Multidimensional Scaling analysis showed that Cavendish Sunpride bananas were considered superior in several attributes, among others based on Taste, Freshness of Fruit, and Size, while for Skin Color attributes, did not have a significant difference. For other attributes such as Brands, and the Cavendish Sunpride Banana Prices are outperformed by competitors, namely Ambon Banana and Barangan Banana. Due to brands that not everyone knows, and Banana Prices are expensive compared to competitors. Keywords : Comsumer Preceptive, Atrribute of Cavendish Sunrpide

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSulaeni, SulaeniUNSPECIFIED
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Additional Information: KRISDIANA PUTRI REFIYANTI, 2019. Persepsi Konsumen Terhadap Buah Pisang Cavendish Sunpride (Survei di Giant Ekstra Kota Serang) dibimbing oleh Bapak H. Sulaeni, SP., M.Si dan Bapak Dr. H. Suherman, Ir., MM., M.Si. Pisang Cavendish Sunpride atau lebih dikenal sebagai Pisang Ambon Putih, banyak yang belum tahu bahwa pisang ini asli berasal dari dalam negeri, Beberapa orang sempat mengira bahwa Pisang yang memiliki karakter kulit tebal, bersih, dan berwarna kuning cerah ini adalah Pisang impor. Banyaknya jenis buah pisang lokal di pasaran membuat para produsen bersaing dari segi kualitas maupun kuantitas. Buah pisang yang memiliki merek tentunya memiliki kualitas yang menjamin dibanding dengan pisang non merek. Dari masalah tersebut tentunya konsumen memiliki persepsi terhadap atribut dalam hal pembelian buah pisang. Giant merupakan salah satu pasar modern yang menyediakan buah-buahan lokal dengan kualitas baik, salah satunya adalah Pisang Cavendish Sunpride. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karasteristik konsumen buah Pisang Cavendish Sunpride dan menganalisis persepsi konsumen terhadap buah Pisang Cavendish Sunpride dengan melakukan survei di Giant Ekstra Kota Serang. Metode penelitian ini dilakukan dengan survei dan pengambilan tempat secara sengaja. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasa, kesegaran buah, ukuran, warna kulit, merek, harga. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis Multidimensinal Scaling (MDS). Berdasarkan hasil penelitian karasteristik responden berdasarkan jenis kelamin adalah perempuan sebanyak 63,3%, berdasarkan usia yang terbanyak adalah umur 30-39 tahun sebanyak 41,7%, berdasarkan status pernikahan yang paling banyak sudah menikah sebanyak 81,7%, berdasarkan tingkat pendidikan yang paling banyak adalah SMA 36,7%, dan berdasarkan pekerjaan yang paling banyak adalah pegawai swasta sebanyak 35%. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis Multidimensional Scalling menunjukkan bahwa buah Pisang Cavendish Sunpride dinilai unggul dalam beberapa atribut antara lain berdasarkan Rasa, Kesegaran Buah, dan Ukuran, sedangkan untuk atribut Warna Kulit, tidak memiliki perbedaan yang berarti. Untuk atribut lainnya seperti Merek, dan Harga Pisang Cavendish Sunpride kalah unggul dengan pesaingnya yaitu Pisang Ambon dan Pisang Barangan. Dikarenakan Merek yang belum semua orang tahu, dan Harga Pisang yang mahal dibandingkan dengan pesaing.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:37
Last Modified: 11 Oct 2021 07:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item